Categories

Mobile

Terlihat di Versi Lawas, Google Tengah Godok Fitur Undo Send untuk Gmail Android?

Bocoran ini bisa jadi pertanda Google masih dalam tahap pengujian sebelum digulirkan lebih luas

Bambang Winarso - 21 August 2018

Fitur Undo Send bisa dibilang sebagai salah satu fitur yang paling berguna di layanan Gmail, meskipun bukan fitur yang ingin digunakan setiap hari. Fitur ini memungkinkan pengguna Gmail untuk menarik kembali pesan elektronik setelah menekan tombol kirim selama masih dalam jeda pembatalan, di mana waktunya dapat diatur secara manual. Dan setelah sekian lama hadir di platform web, fitur Undo Send dilaporkan oleh AndroidPolice sudah digulirkan juga ke mobile versi Android.

Dikatakan lebih jauh bahwa fitur ini tidak dijumpai di aplikasi Gmail Android versi terkini, melainkan di versi 8.7 yang digulirkan pada pertengahan Juli. Beruntung AndroidPolice memiliki beberapa tangkapan layar yang membuktikan keberadaan fitur Undo Send bukanlah sebatas isapan jempol.

Fitur Undo Send di aplikasi Gmail Android bekerja dengan cara yang sama seperti di web desktop. Ketika pesan dalam proses pengiriman, aplikasi akan menampilkan label “sending…” bersebelahan dengan tombol “cancel”. Jika Anda cepat menyadari adanya kesalahan di email, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk membatalkan pengiriman pesan. Dan setelah pesan terkirim, label cancel akan berubah menjadi Undo, memungkinkan Anda menarik kembali pesan terkirim. Tetapi, tombol ini hanya akan muncul dalam hitungan detik. Terlambat sedetik saja, pesan Anda akan terkirim secara permanent.

Tetapi tidak seperti di desktop, fitur Undo Send di aplikasi Gmail Android tidak memiliki pengaturan periode pembatalan pesan antara 5 sampai dengan 30 detik. Hitung mundur di versi Android tampaknya berjalan lebih cepat, namun ada kemungkinan pengaturan serupa juga akan dihadirkan di versi finalnya nanti.

Sumber berita AndroidPolice dan gambar header Pixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter