1. DScovery

Term Sheet: Pengertian, Langkah-langkah dan Manfaatnya

Term sheet merusak sebuah kesepakatan terhadap maksud dan tujuan investasi kedua belah pihak dalam sebuah bisnis.

Sementara pendanaan yang dibutuhkan untuk startup/ perusahaan mu perlu ditetapkan dan kamu harus mulai mencari investor atau partner yang tertarik dengan ide bisnis mu.

Pada umumnya investor memberikan syarat dalam proses ini untuk memudahkan proses investasi nantinya. Nah, semua syarat dan ketentuan sudah termasuk ke dalam term sheet.

Pada artikel ini kita akan mengular apa itu term sheet dan segala hal mengenainya.

Apa Itu Term Sheet?

Jika pengusaha memutuskan untuk memilih investor sebagai tambahan modal bagi perusahaan, pengusaha harus memahami masalah yang harus dirumuskan dengan investor dalam term sheet. Jadi, term sheet adalah formulir yang berisi syarat dan kesepakatan. Dengan kata lain term sheet merupakan gambaran umum yang tidak mengikat mengenai pokok-pokok transaksi modal.

Dengan demikian, tergantung dari terpenuhinya kesepakatan antara pemodal dan pengusaha, pengusaha dan pemodal dapat melanjutkan kesepakatan dan membicarakan hal-hal terkait penambahan modal secara lebih rinci.

Term sheet bukanlah kontrak tetapi kesepakatan tentang maksud dan tujuan investasi kedua belah pihak. Bentuk termsheet sendiri tergantung dari bentuk investasi yang akan dilakukan berdasarkan model obligasi konversi atau ekuitas? Kamu harus mengetahui hal ini sebelum menandatangani kontrak.

Langkah-langkah Merumuskan Term Sheet

1. Menentukan Tujuan Pemodalan

Sebelum mencari modal tambahan, kamu harus mengkaji terlebih dahulu tujuan penggunaan modal tersebut. Tujuan modal biasanya dibagi menjadi dua bagian, yang pertama adalah tujuan investasi jangka menengah atau panjang, yang kedua adalah modal kerja, biasanya relatif berjangka pendek.

Misalnya tujuan investasinya digunakan untuk membangun fasilitas produksi. Jika kamu mengetahui apa tujuan investasi, kamu perlu memperhatikan hal-hal seperti berapa lama jangka waktu investasi akan memberikan pengembalian, apakah modal dipinjam atau ditukar dengan ekuitas, dan bagaimana aturan repatriasi. Sedangkan modal kerja biasanya berjangka pendek, dengan mekanisme bagi hasil atau beban bunga, tanpa mengharuskan investor ikut serta dalam komposisi saham.

2. Menentukan Valuasi Bisnis

Valuasi adalah nilai ekonomi dari sebuah perusahaan/bisnis. Hal ini dapat ditentukan dengan beberapa cara, yaitu:

Valuasi bisnis berdasarkan aset

Menghitung validasi berbasis nilai merupakan metode yang sangat sederhana dan banyak digunakan oleh orang-orang. Metode ini biasanya digunakan untuk penilaian real estat.

Tentu saja, ketika menggunakan metode ini akan ada perubahan tergantung pada alasan operasional, namun perkiraan ini juga mengutamakan nilai aset yang terkait dengan bisnis.

Valuasi berdasarkan pendataan penjualan

Valuasi ini didasarkan pada seberapa besar revenue atau pendapatan yang dihasilkan. Dengan kata lain, investor melihat berapa banyak pendapatan yang dihasilkan selama periode tertentu.

Valuasi berdasarkan tren pasar dan kesempatan berkembang

Valuasi ini mengutamakan apa yang bisa didapatkan oleh pengusaha dan investor yang ingin mengembangkan usaha agar cepat berkembang. Perusahaan yang biasanya menggunakan metode penilaian ini adalah perusahaan yang melakukan akuisisi atau merger.

3. Merumuskan Business Plan dan hitung ROI pada investasi yang akan dilakukan

Ketika kamu berpikir tentang investasi, hal terpenting adalah business plan yang baik.

Setelah kamh mengetahui berapa nilai investasi yang dibutuhkan, hitung estimasi tingkat pengembalian dan laba atas investasi yang dikenal dengan istilah return on investment (ROI). ROI adalah laba atas investasi, yang dapat dihitung dengan menggunakan distribusi laba atas investasi.

Dalam menjalankan usaha, seorang pengusaha harus memperhatikan berapa banyak modal yang harus diinvestasikan untuk mencapai tujuan penjualan, berapa margin keuntungan akan digunakan untuk mengembangkan usaha.

4. Menentukan Jangka Waktu Perjanjian Kamu bersama Investor

Waktu dalam hal ini adalah ukuran durasi kontrak dalam skala yang mengikat kedua belah pihak antara penanam modal dan pengusaha untuk menyampaikan butir-butir kontrak kerjasama.

Waktu merupakan unsur yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari perjanjian kerjasama karena waktu merupakan bagian penting dari pengesahan dari mana mata rantai kerjasama dimulai.

5. Merumuskan Imbal kerjasama baik dalam bentuk material dan non material

Menentukan imbal balik kerjasama antara kedua belah pihak dapat bersifat material dan non material.

Untuk material contohnya dalam bentuk material bersifat tangible (dapat diukur). Misalnya memperoleh saham dan bergabung dalam struktur kepemilikan, menambah modal investasi bersama dengan hasil investasi dan lain-lain.

Kalau imbal balik kerjasama dalam bentuk non material sebagian besar merupakan sesuatu yang tidak dapat diukur, misalnya networking , keahlian investor dan lain-lain.

6. Menentukan Keuntungan Kedua Belah Pihak

Menentukan ketentuan ketentuan umum usaha yang bisa melindungi kedua belah pihak dari potensi kerugian dan perselisihan kerjasama. Lalu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari potensi kerugian di kemudian hari, seperti pendaftaran merek, permohonan hak paten dan hak cipta.

Mengapa Term Sheet Penting?

Dari penjelasan di atas perlu dipahami hal-hal wajib yang dapat dirumuskan dalam term sheet dengan investor. Cara yang tepat untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis adalah dengan berinvestasi untuk mendapatkan pertumbuhan yang tepat bagi bisnis yang sedang kamu jalankan. Mengetahui dan memahami hak dan kewajiban antara para pihak, dapat membuat perjanjian kerjasama tidak terbantahkan dan saling menguntungkan di masa depan. Nah itulah pentingnya term sheet.

Demikianlah penjelasan mengenai term sheet. Semoga dapat bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again