Categories

Gadget

Ternyata Orang Asia, khususnya Indonesia, Lebih Gemar Selfie!

Dimas Galih W. - 31 January 2020

Dewasa ini, semakin banyak perangkat Android yang memiliki kamera dengan hasil yang bagus. Lihat saja perangkat seperti OPPO Reno 10x Zoom, Huawei Mate 30 Pro, Xiaomi Mi Note 10 Pro, dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja membuat pengambilan gambar setiap hari tentu saja menjadi lebih bisa diandalkan.

Hal tersebut juga berlaku dengan kamera depan yang biasa dipakai untuk mengambil selfie. Mengabadikan momen bersama rekan dan pasangan memang sering menggunakan kamera depan yang bisa langsung dilihat hasilnya dengan mudah. Walaupun begitu, hasil kamera depan selalu tidak lebih baik dari kamera belakangnya.

Selfie - graphics

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata dalam mencari sebuah smartphone, orang akan mencari terlebih dahulu mengenai kamera depan? Hal tersebut terungkap dalam data dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh iPrice. Dalam volume pencarian di Google, kamera depan masih menjadi kata kunci yang paling dicari dibandingkan dengan kamera belakang.

Tingginya volume pencarian kata kunci kamera depan di mesin pencarian Google juga dipengaruhi oleh pemutakhiran pada kamera ponsel masa kini. Tahun ini kita telah melihat seberapa jauhnya produsen smartphone mengembangkan kamera pada perangkat mobile mereka.

Selfie - Phones

Smartphone yang beredar di kawasan Asia memang mendukung budaya untuk mengambil gambar sendiri. Hal ini ditandai dengan banyaknya perangkat yang memiliki kamera depan di atas 16 MP. Pada tahun 2019 sendiri, setidaknya ada 364 smartphone model baru yang dijual dengan kamera depan berukuran lebih dari 16 MP.

Hal ini tentu saja bertolak belakang dengan merek Amerika seperti iPhone dan Pixel yang masih menggunakan sensor dengan resolusi di bawah 16 MP.

Pada tahun 2019 juga ditemukan beberapa perangkat yang memiliki resolusi besar pada kamera depannya dibandingkan dengan kamera belakangnya. Setidaknya ada 16 model yang memiliki spesifikasi seperti itu. Huawei, Samsung, Vivo, Infinix, dan Xiaomi adalah merek yang paling bereksplorasi untuk bagian kamera depan.

Selfie - asia vs us

Kamera depan yang dibenamkan deretan produsen itu bahkan berukuran 2x lipat kamera belakang. Ponsel-ponsel yang ditopang kamera depan berukuran besar ini juga seakan ditegaskan untuk kebutuhan selfie.

Selfie - belakang vs depan

iPrice sendiri memprediksi bahwa optimisasi kamera depan melalui peningkatan megapiksel akan masih terus dilakukan. Selain itu, pengembangan eksplorasi perangkat lunak untuk kamera depan akan lebih pesat. Aplikasi/platform media sosial yang mengandalkan fitur kamera depan untuk berinteraksi akan semakin diminati. Dan terakhir, megapiksel yang semakin besar akan mendorong orang untuk mempelajari photo editing.

Sumber: iPrice

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter