29 July 2019

by Glenn Kaonang

Konsumen Tesla Bakal Bisa Streaming YouTube dan Netflix dari Layar Dashboard Mobilnya

Salah satu bagian dari fitur-fitur baru yang akan disuguhkan Tesla Software Version 10.0

Tesla telah beberapa kali membuktikan bahwa mobil pada dasarnya tidak jauh berbeda dari sebuah gadget yang dapat disempurnakan melalui software update. Itulah mengapa mereka sangat rajin merilis versi baru dari software yang mengotaki mobil-mobilnya, dan tidak lama lagi, software versi kesepuluhnya bakal segera meluncur.

Seperti halnya Tesla Software Version 9.0 yang dirilis Oktober tahun lalu, Version 10.0 (V10) ini bakal menghadirkan sejumlah fitur baru yang menarik. Dari segi infotainment misalnya, software baru ini akan menghadirkan kapabilitas streaming video, yang berarti para pemilik mobil Tesla bakal bisa menikmati tayangan dari YouTube maupun Netflix di layar sentuh masif yang terpampang pada dashboard.

CEO Tesla, Elon Musk, tidak lupa menambahkan bahwa menonton di dalam mobil Tesla bakal terkesan sinematik dan immersive berkat dukungan jok yang begitu nyaman serta sistem audio surround. Tentu saja fitur ini baru bisa dinikmati apabila mobil sedang dalam posisi berhenti.

Bertambah lagi alasan mengapa layar dashboard Tesla Model 3 dan Model Y sengaja berorientasi landscape / Tesla

Jadi selagi mobil di-charge di sebuah stasiun Supercharger, pemiliknya dapat menunggu sambil streaming video di layar besar dashboard, tidak perlu lagi melalui ponselnya. Demi semakin memanjakan para konsumennya, Tesla juga berniat untuk menyediakan akses Wi-Fi gratis di stasiun Supercharger.

Elon juga bilang bahwa fitur streaming video ini nantinya bakal bisa dinikmati selagi mobil sedang bergerak, dengan catatan kapabilitas self-driving secara penuh telah disetujui oleh pemerintah setempat. Dengan kata lain, di saat mobil-mobil Tesla sudah diperbolehkan mengemudi dengan sendirinya (tanpa batasan macam khusus di jalan tol saja seperti sekarang), pengemudi maupun penumpang lainnya dapat bersantai menonton selagi masih dalam perjalanan.

Masih seputar infotainment, V10 bakal menghadirkan fitur voice control sehingga pesan teks yang masuk bisa dibacakan ke pengemudi, dan dia pun dapat memberikan balasan secara lisan. Di luar itu, V10 bakal membawa penyempurnaan kinerja sistem Autopilot di jalan tol, kemampuan mendeteksi tanda berhenti dan lampu lalu lintas yang lebih baik, serta fitur Smart Summon.

Sumber: Electrek 1, 2.