Categories

Mobile

Test Kecepatan Internet di Mac Menggunakan Speedster

Aplikasinya ringan, tak perlu instal Flash dan plugins

Aditya Daniel - 29 February 2016

Internet yang lambat memang menjengkelkan. Lebih lagi jika kita sudah membayar untuk paket dengan kecepatan tertentu namun ternyata kecepatan yang didapat tak sesuai harapan.

Ada banyak cara untuk mengetahui kecepatan internet yang digunakan. Salah satu cara gratis adalah dengan menggunakan website Speedtest dari Ookla. Namun bagi Anda pengguna produk Apple yang sedang mencari sebuah aplikasi untuk mengecek konektivitas, kini di Mac ada sebuah aplikasi cantik bernama Speedster.

Speedster merupakan aplikasi natif yang bisa Anda unduh di Mac App Store. Sama seperti Speedtest dari Ookla, aplikasi berukuran 5.6 MB ini memiliki test download dan upload. Tak banyak pengaturan yang terdapat pada Speedster, cukup instal, buka aplikasinya dan Anda test konektivitas yang Anda miliki.

Salah satu kelebihan Speedster adalah Anda tak memperlukan plugin ataupun Flash terinstal di Mac.

Aplikasi Speedster hadir secara gratis di Mac App Store. Anda bisa melakukan 3 kali pengetesan dengan Speedster setiap harinya. Jika perlu lebih dari 3 kali pengetesan, Anda bisa unlock dengan in-app purchase sebesar Rp 59 ribu.

Selain menampilkan kecepatan upload dan download setelah pengetesan, Speedster juga menampilkan alamat IP jaringan yang sedang Anda gunakan dengan nama operatornya.

Sayangnya, aplikasi cantik ini tak lepas dari kekurangan, misalnya kita tidak bisa mendapatkan laporan sejarah pengecekan yang telah kita lakukan. Jadi jika ingin membandingkan kecepatan jaringan sebuah tempat, kita harus mencatatnya di tempat lain secara manual.

Meski kondisi ini bisa 'diakali' dengan menggunakan tombol share yang ada di samping tulisan IP dan Anda bisa menambahkannya ke aplikasi Notes.

Ada kalanya Speedster menghasilkan kecepatan yang berbeda dengan alat pengetes kecepatan lainnya, namun jangan khawatir karena sang pengembang telah menjelaskan perbedaan ini di laman FAQ aplikasinya.

Sang pengembang berencana menambahkan beberapa fitur di masa mendatang. Tema aplikasi yang lebih terang, log pengetesan yang dilakukan dan pilihan export hingga alat untuk menguji keakuratan dari test yang dijalankan.

Aplikasi yang ringan, hadir secara gratis dan tak perlu menggunakan Flash adalah beberapa alasan mengapa saya lebih menyukai Speedster dibanding menggunakan Speedtest di web browser.

Bagaimana dengan Anda? Tertarik menggunakan Speedster?

Download - App Store - Gratis

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter