13 September 2018

by Ayyub Mustofa

The Last Remnant Dapatkan Versi Remaster untuk PS4 dengan Engine Baru

Game ini akan terbit pada tanggal 6 Desember 2018, namun sayangnya hanya dalam format digital

Gosip tentang keberadaan versi remaster The Last Remnant sudah beredar sejak akhir Agustus lalu, ketika game tersebut ditarik dari Steam. Namun baru kini akhirnya Square Enix meluncurkan pengumuman resmi. The Last Remnant Remastered akan terbit untuk PS4 pada tanggal 4 Desember 2018 di Jepang, dengan versi bahasa Inggris menyusul dua hari kemudian.

Bagi para gamer PlayStation, ini kabar yang sangat menggembirakan. Pasalnya sejak dirilis pertama kali pada tahun 2008 The Last Remnant sama sekali belum pernah singgah di console milik Sony. Game ini hanya muncul di Xbox 360 dan PC. Versi PS3 sempat diumumkan, namun ternyata tak kunjung jadi kenyataan.

Koichiro Sakamoto, sutradara The Last Remnant Remastered, menjelaskan bahwa alasan pembatalan versi PS3 adalah karena faktor internal di dalam perusahaan. Hal ini ia sampaikan dalam wawancara yang diterbitkan oleh PlayStation Blog. Sakamoto sebetulnya bukan bagian dari tim developer The Last Remnant versi orisinal, namun ia menyukai game ini dan ingin dapat menangani port atau remaster suatu saat. Sungguh suatu kebetulan, kesempatan itu datang ketika The Last Remnant telah menginjak usia 10 tahun.

Para pemain versi orisinalnya tentu tahu bahwa The Last Remnant punya satu masalah yang cukup mengganggu di bagian visual. Game tersebut dikembangkan dengan Unreal Engine 3, sebuah engine yang terkenal sering menyebabkan texture popping apabila tidak dioptimalkan dengan baik. Game seperti Mass Effect dan Bioshock Infinite juga mengalami masalah yang sama.

Masalah tersebut bisa dikurangi dengan mengutak-atik file konfigurasi di PC, tapi para pemain Xbox 360 harus betah bermain dengan tekstur 3D yang kurang nyaman dipandang. Untungnya The Last Remnant Remastered kini menggunakan Unreal Engine 4 yang lebih stabil. Sakamoto juga menjelaskan bahwa ada beberapa peningkatan lainnya, seperti efek cahaya yang lebih baik, perubahan font serta ikon karakter, dan mode gerakan high speed.

Dari sisi konten, The Last Remnant Remastered tidak memiliki tambahan apa pun, semuanya masih sama seperti konten versi PC aslinya. Tapi Sakamoto percaya bahwa The Last Remnant adalah game yang tak lekang oleh zaman. Ceritanya yang sarat intrik politik serta sistem pertarungan unik yang dicetuskan oleh Akitoshi Kawazu (kreator seri SaGa) membuat The Last Remnant layak berdiri sejajar dengan JRPG klasik lainnya.

Sayangnya, The Last Remnant Remastered hanya akan tersedia secara digital di PS Store. Harga yang ditawarkan tidak begitu mahal, yaitu US$19,99. Tapi para kolektor tentu menginginkan adanya versi fisik juga, apalagi untuk game bermutu seperti The Last Remnant.

Sumber: PlayStation Blog, Siliconera