4 October 2018

by Ayyub Mustofa

The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel I & II Sambangi PS4 dalam Bahasa Inggris

Nikmati versi definitif dari dua bagian awal petualangan Rean Schwarzer dan Class VII

Nama The Legend of Heroes dulu tidak begitu terkenal di kalangan gamer barat. Namun berkat kerja keras XSEED Games dan banyaknya review positif, akhirnya nama The Legend of Heroes berkibar sebagai judul RPG yang patut ditunggu. Terutama antologi terbarunya, yaitu The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel yang hingga kini kisahnya masih belum tamat juga.

Di negara asalnya, Jepang, seri The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel sebetulnya sudah mencapai game keempat (yang tampaknya juga merupakan penutup dari kisah Trails of Cold Steel). Sementara di Amerika Serikat dan negara berbahasa Inggris lainnya, baru ada dua game yang diterjemahkan. Anda mainkan di PS3, PS Vita, serta PC. Kini XSEED Games juga akan menerbitkan versi PS4 dari kedua game itu dalam bahasa Inggris.

The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel Decisive Edition | Sumber: XSEED Games

Spesial di awal perilisannya, XSEED Games menyediakan dua edisi khusus yang menarik untuk dikoleksi. Pertama yaitu The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel Decisive Edition, dengan isi sebagai berikut:

  • Blu-ray The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel versi PS4
  • Replika koin 50 Mira (mata uang dalam Trails of Cold Steel)
  • CD soundtrack berisi 21 lagu
  • SteelBook Case bergambar karakter Rean Schwarzer

Untuk game kedua, edisi khusus ini disebut The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel II Relentless Edition, dengan isi sebagai berikut:

  • Blu-ray The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel versi PS4
  • Replika bros Ouroboros (organisasi musuh di Trails of Cold Steel)
  • CD soundtrack berisi 23 lagu
  • SteelBook Case bergambar karakter Crow Armbrust

The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel II Relentless Edition | Sumber: XSEED Games

The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel I & II versi PS4 mengandung pembaharuan yang sebelumnya hanya ada di versi PC. Termasuk kualitas grafis lebih tajam, tambahan sulih suara untuk lebih dari 5000 baris dialog, dan untuk pertama kalinya dalam sejarah The Legend of Heroes, tersedia pilihan sulih suara bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Versi PC nantinya juga akan mendapat opsi sulih suara Jepang lewat update gratis.

Seri The Legend of Heroes terkenal sebagai JRPG yang sangat padat akan teks. Untuk sebagian gamer mungkin alur ceritanya akan terasa lambat, tapi bagi gamer yang senang membaca dan menyukai world-building serta penggalian karakter secara detail, The Legend of Heroes akan meninggalkan kesan mendalam.

Beragam aspek kehidupan tak luput dari konflik di dalam Trails of Cold Steel, dari persahabatan, keluarga, ekonomi, milter, hingga politik. Tak banyak JRPG di luar sana yang menyajikan cerita sedetail The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel, dan saya berharap seri ini bisa lebih populer lagi di kemudian hari.

Sumber: Gematsu, XSEED Games.