1. Startup

The Storyline: Catatan Perjalanan Gojek dan Tokopedia hingga Menjadi GoTo

Laporan komprehensif tentang perkembangan Gojek dan Tokopedia dari tahun ke tahun, dilengkapi data pendanaan, ekosistem produk, dan kompetisi pasar

The Storyline adalah varian laporan baru dari DSInnovate, menampilkan catatan momen-momen penting tentang perjalanan sebuah startup. Di seri pertamanya, cerita tentang Gojek dan Tokopedia diangkat.

Seperti diketahui, saat ini Gojek dan Tokopedia telah bergabung menjadi perusahaan entitas tunggal bernama “GoTo”. Namun satu dekade lalu, jauh sebelum kedua startup masuk ke dalam daftar unicorn dunia, mereka berawal dari sebuah startup kecil dengan varian layanan yang terbatas.

Tokopedia dimulai pada tahun 2009 sebagai sebuah C2C marketplace, sementara Go-Jek dimulai sejak tahun 2010 sebagai call center layanan pemesanan ojek --  waktu itu baru mengakomodasi 20 tukang ojek.

Investasi tahap awal yang didapat kedua perusahaan memainkan peran penting, menjadi sebuah bahan bakar untuk membangun sistem teknologi yang lebih kokoh dan terintegrasi.

Tokopedia meluncurkan versi mobile satu tahun kemudian dan berhasil membukukan lebih dari 4 miliar transaksi. Sementara Gojek baru merilis aplikasi native di platform Android dan iOS tahun 2015.

Perjalanan panjang kedua perusahaan ini kami rekam ke dalam sebuah lini masa. Kami mencoba mengingatkan kembali kepada pembaca terkait hal-hal penting yang terjadi setiap tahunnya, dari mereka berdiri hingga bergabung.

Selain itu, turut dicantumkan juga data-data penting terkait perkembangan perusahaan, meliputi:

  • Ekosistem produk di Gojek dan Tokopedia
  • Daftar investor yang mendukung perusahaan
  • Statistik kompetisi pasar saat ini

Ulasan selengkapnya dapat disimak dalam laporan “The Storyline of GoTo: Diving Deep into The Company”. Unduh melalui tautan berikut ini: klik di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again