26 September 2017

by Yoga Wisesa

ThinkPad Edisi Ulang Tahun ke-25 Sajikan Desain Bergaya Klasik?

Beberapa media berpendapat bahwa ThinkPad T470 digunakan sebagai basisnya.

Mobilitas, fleksibilitas dan durabilitas ialah tiga faktor yang dikejar para produsen laptop. Saat ini hampir tiap brand menawarkan opsi ultrabook super-tipis hingga notebookconvertible premium dengan chassis logam. Namun jika membahas desain, beberapa model jelas lebih ikonis dibanding produk lain. Salah satunya adalah keluarga ThinkPad milik Lenovo.

Bahkan setelah diakuisisi Lenovo di tahun 2005 hingga saat ini, perusahaan komputer dari Beijing itu tetap mempertahankan arahan desain ThinkPad. Notebook selalu mempunyai TrackPoint merah di tengah keyboard, garis merah di tombol mouse, serta LED merah di huruf 'i' pada kata ThinkPad. Kabarnya, Lenovo berencana untuk kembali mengusung elemen-elemen klasik dalam perayaan ulang tahun ThinkPad yang ke-25.

Sesudah sempat mengungkap rencananya buat memamerkan ThinkPad edisi khusus di bulan Juni lalu, penampilan serta spesifikasi perangkat tersebut tersingkap lewat bocoran dari blog teknologi berbahasa Jerman, WinFuture. Laptop ini diberi nama ThinkPad 25 dengan branding 'Anniversary Edition 25'. Sekilas, notebook menyerupai ThinkPad T470, dan beberapa media berpendapat memang T470 digunakan sebagai basisnya.

ThinkPad 25 memiliki beragam elemen desain ThinkPad lawas. Selain TrackPoint merah di antara tombol G, H dan B, laptop menyuguhkan logo ThinkPad multi-warna (di palm rest serta punggung layar) dan tombol Enter berwarna biru. Warna biru yang sama turut dipakai buat meng-highlight fungsi kombinasi tombol. Keycap-nya juga tak menggunakan desain chiclet, tapi memanfaatkan rancangan ala piramida dengan tuts yang berdempetan.

Dipadu tombol volume, power dan mute speaker/mic, penampilan Anniversary Edition 25 tampak industrial, mengikuti visi sang desainer Richard Sapper yang mengambil inspirasi dari kotak makan Bento. Brand Lenovo sendiri hanya dibubuhkan di bawah kiri layar.

Seperti ThinkPad T470, ThinkPad 25 menyajikan layar IPS 14-inci full-HD. Dan berdasarkan gambar-gambar dari WinFuture, Lenovo membekalinya dengan port LAN, tiga buah USB 3.0 type-A, satu port USB type-C, HDMI, SD card reader, tanpa kehadiran optical disc drive.

Meski Thinkpad Anniversary Edition 25 disiapkan sebagai laptop penunjang kerja, Lenovo turut dipersenjatai GPU discrete Nvidia GeForce 940MX buat mendongkrak performa olah grafisnya. Notebook diotaki oleh prosesor Intel Core i7-7500U, dilengkapi RAM sebesar 16GB, penyimpanan berbasis SSD 512GB, sensor pemindai sidik jari, serta webcam yang siap mendukung Windows Hello.

Belum diketahui kapan Lenovo akan mengumumkan ThinkPad 25 secara resmi dan berapa harganya, namun ada kemungkinan produsen akan memperkenalkannya tak lama lagi.

Via Engadget & Gizmodo.