Categories

Mobile

Tiba di Android, Cortana Versi Beta Bisa Gusur Google Now

Bambang Winarso - 25 August 2015

Sudah jadi rahasia umum bahwa Microsoft sedang mengerjakan aplikasi Cortana untuk Android. Dan setelah melewati tahap beta tertutup, kemarin waktu setempat Microsoft resmi memboyong Cortana ke tahan open beta yang artinya Cortana versi Android kini tersedia untuk umum.

Sekarang siapapun yang berdomisili di Amerika Serikat sudah bisa menjumpai Cortana versi Android di toko aplikasi Google Play Store.

Cortana adalah aplikasi asisten virtual seperti halnya Google Now. Tapi yang membuat Cortana lebih istimewa, ia berfungsi sebagai aplikasi companion atau pelengkap untuk komputer Windows 10, memungkinkan pengguna mengakses fungsi-fungsi Cortana di perangkat yang berbeda tanpa dibatasi oleh lokasi.

Dijelaskan oleh Microsoft, aplikasi Cortana di Android mempunyai kemampuan yang hampir sama dengan Cortana versi PC ataupun Windows Phone. Misalnya membuat catatan dan memberi pengingat, mencari informasi di internet, mencatat informasi dan melakukan tracking secara berkala sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Misalnya jadwal penerbangan dan juga melakukan tugas-tugas lintas perangkat lainnya.

Info Menarik:[Panduan Pemula] Tips Menggunakan Microsoft Edge – Bagian 2

Agresi Cortana terhadap Google Now kian serius dengan adanya penambahan fitur dukungan tombol Home untuk menjalankan aplikasi. Pengguna yang lebih menyukai Cortana dapat menggantikan Google Now saat menekan tombol Home di perangkatnya.

Dengan statusnya yang masih beta, Cortana untuk Android dijanjikan berbagai peningkatan dalam waktu dekat. Salah satu yang mungkin akan segera dihadirkan adalah dukungan handsfree “Hey Cortana” untuk mengaktifkan asisten virtual. Termasuk dukungan Cortana untuk pengguna di luar Amerika Serikat.

Tak cuma membidik Google Now, Microsoft juga menempatkan Siri sebagai target agresi. Namun belum ada kabar kapan Cortana akan mendarat ke App Store.

Sumber berita Windows dan gambar header Microsoft.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter