19 July 2017

by Yoga Wisesa

Tiba di Indonesia, Dell XPS 13 2-in-1 Ialah Laptop Convertible 13-Inci High-End Dengan Body '11-Inci'

XPS 13 2-in-1 dirancang buat mengedepankan mobilitas maksimal demi memenuhi kebutuhan para profesional yang dituntut untuk selalu produktif.

Jika bukan buat gaming atau didesain sebagai laptop rugged, konsumen sudah pasti mengha-rapkan desain tipis yang cantik dari produk notebook kelas premium. Bagi Dell, varian XPS-lah yang mampu menyuguhkan dua faktor itu untuk konsumen. Dan setelah rival-rivalnya menghantam pasar lewat perangkat-perangkat ultra-tipis, Dell merespons dengan menjagokan aspek fleksibilitas.

Kurang lebih enam bulan sesudah diperkenalkan di CES 2017, Dell membawa satu anggota baru keluarga XPS ke Indonesia, sebuah perangkat convertible bernama XPS 13 2-in-1. Dell mendeskripsikannya sebagai laptop 13-inci paling kecil di dunia saat ini. Klaim tersebut punya alasan yang kuat: sang produsen PC Amerika itu berhasil memampatkan layar 13-inci ke form factor 11-inci.

Menurut penuturan consumer country director Martin Wibisono, XPS 13 2-in-1 dirancang buat mengedepankan mobilitas maksimal, demi memenuhi kebutuhan para profesional yang dituntut selalu produktif. Meski bukan disiapkan buat menangani game-game 3D, ultrabook convertible ini merupakan salah satu perangkat paling mumpuni di kelasnya. Jika hanya untuk menjalankan konten hiburan multimedia, XPS 13 2-in-1 tak akan mengecewakan Anda.

 

Layar & desain

Salah satu elemen penunjang hiburan, dan aspek penting bagi profesional, yang jadi perhatian Dell ialah layarnya. XPS 13 2-in-1 menyajikan panel sentuh 13,3-inci resolusi QHD+ 3200×1800p 276ppi UltraSharp. Setup ini sangat berguna bagi desainer grafis dan fotografer yang membutuhkan detail serta keakuratan warna tinggi saat mengolah foto atau gambar. Layar tersebut menghidangkan color gamut 72 persen NTSC, mempunyai tingkat kecerahan 400-nit, dan juga diproteksi Corning Gorilla Glass NBT.

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana cara Dell membenamkan layar 13-inci di tubuh 11-inci? Kuncinya ada pada pemanfaatan InfinityEdge. Seperti di sejumlah perangkat XPS anyar, keberadaan InfinityEdge meminimalkan ukuran bezel - sehingga seolah-olah device tak mempunyai bingkai. Hal ini memungkinkan produsen memanfaatkan body berukuran lebih kecil.

XPS 13 2-in-1 adalah ultrabook convertible dengan sepasang engsel putar 360 derajat. Itu berarti, device bisa digunakan dalam empat mode: laptop, tent, mode display dan tablet. Dell juga telah memastikan rancangannya tetap mungil, ringan dan ringkas agar XPS 13 2-in-1 mudah dibawa dan diselipkan dalam tas - termasuk tote bag wanita. Laptop ini mempunyai rasio panjang dan lebar 304x199mm dengan ketebalan 8- sampai 13,7mm (di area paling tebal) serta bobot hanya 1,24-kilogram.

Tubuhnya tersusun dari kombinasi material aluminium - diimplementasikan pada sisi luar lid dan bagian bawah - serta serat karbon di area keyboard dan palm rest. Untuk keyboard-nya sendiri, XPS 13 2-in-1 memanfaatkan tipe chiclet enam baris tanpa numpad. Dell menempatkan touchpad di tengah-tengah wrist rest, dan tak jauh dari sana, Anda bisa menemukan sensor fingerprint. Karena mengusung InfinityEdge, webcam diposisikan di bawah layar.

 

 

Fitur-fitur

Fitur andalan utama XPS 13 2-in-1 memang terdapat pada fleksibilitas serta desain, tetapi Dell juga membanggakan kinerja baterainya. Ultrabook convertible ini mampu memberikan Anda keleluasaan bekerja hingga 8 jam 35 menit atau menikmati Netflix selama 7 jam 12 menit tanpa perlu tersambung ke sumber listrik. Terdapat pula Hybrid Adapter dan power bank opsional yang bisa menambahkan durasi baterai sampai 11 jam.

Dell XPS 13 2-in-1 turut dibundel bersama Dell Active Pen, yaitu stylus yang dapat bekerja layaknya pena sungguhan. Aksesori ini bisa membaca 2048 level tekanan, sehingga proses menulis ataupun menggambar di atas layar terasa sangat natural. Di sesi uji coba singkat, tekanan pada Active Pen yang saya lakukan di layar akan membuat goresan tinta digital jadi lebih kuat dan tebal.

Dan dengan integrasi Windows 10 Pro, XPS 13 2-in-1 siap menghidangkan fitur-fitur yang ada di sistem operasi Microsoft itu, salah satunya adalah Windows Hello. Selain memperkenankan Anda log-in lewat sentuhan jari, kamera di sana kabarnya mampu mengenal wajah pemiliknya dan mempersilakannya masuk (menurut product marketing manager William Hartoyo, kemampuan ini akan hadir menyusul via update).

 

Spesifikasi hardware

Dell membekali XPS 13 2-in-1 dengan prosesor Intel Core i7-7Y75 berkecepatan maksimal 3,6GHz, GPU integrated Intel HD Graphics 615, RAM 16GB, dan penyimpanan berbasis SSD sebesar 512GB. Laptop memanfaatkan struktur tanpa fan sehingga ia bekerja dengan hening. Dan lewat desain unik di bagian dalam, Dell memastikan agar suhu palm rest tetap sejuk di kisaran 30 derajat Celcius.

Untuk konektivitas fisik, Dell menbubuhkan port USB type-C 3.1, port Thunderbolt 3, card reader MicroSD, port audio 3.5mm, serta tak lupa melengkapinya dengan Wi-Fi Intel 8265 802.11ac dan Bluetooth 4.2.

Harga & ketersediaan

Dell XPS 13 2-in-1 kabarnya sudah mulai dipasarkan di Indonesia. Untuk memiliki produk premium cantik ini, Anda perlu menyiapkan jumlah uang yang cukup besar. Laptop convertible tersebut dibanderol seharga mulai dari Rp 28 juta. Dengan membelinya, Anda juga diberikan akses ke layanan pelanggan '24/7' Dell Premium Support.