Baru-baru ini, Google mengumumkan bahwa Google Assistant akhirnya sudah bisa dinikmati oleh pengguna smartphone selain Pixel yang menjalankan sistem operasi Android Marshmallow dan Nougat. Lalu bagaimana dengan nasib pengguna tablet? Apakah Google Assistant nantinya juga bakal tersedia untuk tablet Marshmallow dan Nougat?

Untuk sementara jawabannya tidak. Kepada Android Police, Google mengonfirmasi bahwa ketersediaan Google Assistant pada perangkat Marshmallow dan Nougat tidak mencakup tablet sama sekali.

Kalau merujuk pada pengumuman resmi Google di blog-nya, memang sama sekali tidak ada kata tablet yang tercantum. Yang ada hanyalah “smartphones“, “Android phones” dan “Android partner phones“. Jadi bisa disimpulkan kalau dari awal Google memang tidak berencana merilisnya untuk tablet.

Harapan tentunya masih ada, apalagi mengingat Google masih memasarkan Pixel C, dan tablet itu sendiri juga telah menerima update Android 7.0 Nougat. Namun demikian Google menolak untuk memberikan informasi mengenai ketersediaan Assistant pada tablet.

Keputusan Google ini membuat saya berasumsi kalau mereka ke depannya benar-benar hanya akan berfokus pada segmen smartphone. Mereka sudah mengungkapkan rencananya untuk tidak melanjutkan lini Chromebook Pixel, dan bisa jadi Pixel C juga bernasib sama.

Sumber: Android Police.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.