Categories

Gadget

Tidak Hanya Murah, Kacamata VR Ini Juga Canggih dan Punya Desain Menarik

Dengan komponen dan modul grafis yang terintegrasi, kacamata VR ini mampu dioperasikan secara mandiri tanpa membutuhkan lagi perangkat smartphone ataupun tablet

Oki Rosgani - 6 June 2016

Perlahan namun pasti keberadaan kacamata VR (virtual reality) semakin banyak diminati pengguna. Kehadiran teknologi smartphone yang dipadukan dengan perangkat kacamata VR ini telah memunculkan tren teknologi baru yang disebut sebagai 'Mobile VR'.

Berbeda dengan kacamata 3D yang hanya menyuguhkan tampilan menjadi lebih dekat, kacamata VR telah memberikan pengalaman seolah-olah pengguna berada dalam lingkungan maya (virtual) dan terlibat lebih jauh di dalamnya karena tampilan visual yang disajikan akan mengikuti gerakan kepala penggunanya.

Keberadaan teknologi Mobile VR semakin booming ketika sejumlah produsen telah merilis produk perangkat kacamata VR ini. Dan kini beberapa pabrikan smartphone bahkan telah memaket produknya dengan perangkat kacamata VR mereka masing-masing.

Jika kacamata VR besutan Oculust Rift, HTC Vive dan Samsung Gear VR dirasa terlalu mahal buat Anda, maka kini ada sejumlah produk alternatif yang mungkin bisa digunakan, salah satunya adalah Eny EVR01.

Kendati ia ditawarkan dengan harga hanya $80 per unitnya, namun produk kacamata VR besutan perusahaan EnyBox ini mampu menjanjikan pengalaman yang tak kalah menarik. Salah satunya karena kacamata VR ini dapat dioperasikan secara mandiri tanpa membutuhkan perangkat smartphone ataupun tablet untuk bisa menayangkan kontennya.

Diotaki dengan prosesor quad-core Rockchip RK3126 yang dapat berlari hingga kecepatan 1.3GHz, perangkat ini juga telah didukung dengan modul grafis Mali-400MP2. Selain mampu menayangkan tampilan 5 inci dengan resolusi 1280 x 720 piksel, ia juga memiliki RAM 1 GB dengan media penyimpanan sebesar 8 GB atau 16 GB, serta tersedia slot micro SD sebagai opsi memory tambahannya.

Untuk mendukung proses kerjanya, kacamata VR Eny EVR01 yang berjalan dengan platform Android 5.1 Lollipop ini juga ditenagai dengan baterai berkapasitas 2,200 mAh yang akan memberikan catudaya untuk bisa dioperasikan selama kurang lebih 3,5 jam secara terus menerus.

Info produk: Sennheiser MX170 Earphone. Diskon 21%, jadi hanya 199.000. 

Sayangnya, tidak tersedia fitur audio terintegrasi sehingga penggunanya harus menambahkan sendiri perangkat audio headset yang dapat disambungkan melalui port audio ataupun koneksi bluetooth ke perangkat ini.

Namun dengan banderol harga yang relatif sangat bersahabat, serta desain yang sangat menawan, perangkat kacamata VR Eny EVR01 ini bisa menjadi perangkat kacamata VR alternatif yang bisa dipilih oleh pengguna.

Sumber: Liliputing | Gambar Header: EnyBox

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter