Tidak Mau Kalah, Google Juga Siapkan Smart Watch

Perang wearable computer semakin memanas setelah muncul kabar dari Financial Times kalau Google juga sedang mempersiapkan sebuah smart watch yang konon akan diberdayai dengan OS Android. Langkah ini disinyalir adalah usaha untuk menyalip Apple dan Samsung yang juga sedang membuat produk serupa.

Gosip smart watch Apple memang merupakan gosip gadget terhangat di awal tahun ini. Seperti biasa pihak Apple tutup mulut menjaga kerahasiaan pengembangan produk mereka, dan tidak ada komentar sama sekali mengenai produk ini. Kabar dari Bloomberg menyebut saat ini ada 100 desainer produk yang sedang berkutat membuat jam tangan masa depan ini.

Kebalikan dari Apple, Samsung malah sudah mengkonfirmasikan kalau produk smart watchsudah pasti sedang mereka kembangkan. Walaupun Samsung merupakan salah satu pembuat device Android terbesar saat ini, namun belum ada kepastian apakah smart watch yang mereka kembangkan akan memakai Android atau tidak.

Selain smart watch, produk wearable computer yang sudah pasti akan diluncurkan Google adalah kacamata pintar Google Glass yang sudah mereka peragakan dan sudah tersedia versi pengembangnya. Produk smart watch ini nantinya akan dikembangkan terpisah dengan Google Glass.

Masing-masing pesaing smart watch sepertinya memiliki kelebihan tersendiri. Google dapat mengintegrasikannya dengan samudra data yang dimilikinya seperti telah ditunjukkan dengan Google Now, Samsung memiliki kekuatan manufaktur dan pemasaran yang perkasa, serta Apple dengan kualitas desain tak terbandingi. Kita tunggu saja mana yang akan keluar sebagai pemenang.

Sumber: The Verge, Financial Times, TechCrunch, Bloomberg, Bloomberg (2)