Categories

Internet

Tidak Melulu Live Stream, Pengguna Twitch Kini Bisa Mengunggah Video Seperti di YouTube

Video yang diunggah akan disimpan selamanya

Glenn Kaonang - 3 October 2016

Kita semua tahu kalau YouTube Gaming banyak terinspirasi oleh popularitas Twitch di kalangan para gamer. Namun siapa yang menyangka kalau fitur terbaru Twitch malah terinspirasi oleh fungsi paling mendasar YouTube, yakni mengunggah video.

Yup, untuk pertama kalinya, semua pengguna Twitch tanpa terkecuali bisa mengunggah video dengan akunnya masing-masing. Meski hal ini sepintas terdengar aneh untuk sebuah platformlive streaming, nyatanya upload video merupakan salah satu fitur yang paling dinanti-nanti oleh pengguna Twitch.

Fitur ini sejatinya bisa sangat membantu para broadcaster, terutama ketika mereka sedang tidak bisa berada di balik komputernya. Berkat fitur ini, mereka tetap bisa menyajikan konten baru kepada para subscriber-nya di saat mereka sedang berlibur atau alasan lainnya.

Upload video bisa dilakukan langsung dari Video Manager / VentureBeat

Berbeda dengan live stream yang disimpan, video yang di-upload tidak akan dihapus setelah beberapa waktu, semuanya terus bisa ditonton pada channel pengunggah sampai sekiranya server Amazon jebol. Pengguna dipersilakan mengunduh broadcast maupun highlight lawasnya untuk dijadikan bahan konten video baru.

Sama seperti di YouTube, tiap-tiap video yang di-upload memiliki statistiknya masing-masing, sehingga pengguna bisa memantau video macam apa yang populer dan mana yang tidak. Dengan demikian, mereka bisa lebih kreatif lagi dalam meracik konten baru.

Fitur upload ini sekarang masih dalam tahap beta, tapi semua pengguna dipersilakan untuk mencobanya, tidak seperti fitur-fitur lain sebelumnya yang hanya tersedia untuk kalangan terbatas saja. Twitch tidak lupa menyiapkan forum khusus untuk mendiskusikan mengenai fitur upload yang ditenagai oleh platform interaktif Curse, yang belum lama ini diakuisisi oleh Twitch.

Sumber: VentureBeat dan Twitch. Gambar header: Twitch via Shutterstock.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter