Categories

Gadget

Tidak Perlu Tinta, droPrinter Bisa Mencetak Apapun yang Ada di Smartphone Anda

Glenn Kaonang - 10 July 2015

Meski sekarang ini semua-semua bisa kita jumpai dalam wujud digital, sebagian dari kita masih memerlukan printer dalam kegiatan sehari-hari. Bahkan saya kira mereka yang setiap harinya selalu aktif berpindah dari satu tempat ke tempat lain pernah bertanya-tanya apakah ada sebuah printer yang benar-benar dirancang untuk smartphone.

Ada atau tidak, yang pasti ada sejumlah kelompok yang sangat menginginkan produk semacam ini. Pada kenyataannya, sebuah tim asal Australia tengah menggalang dana di Kickstarter untuk sebuah perangkat inovatif yang mereka juluki droPrinter.

droPrinter adalah sebuah mesin pencetak yang didedikasikan secara khusus untuk pengguna perangkat mobile. Maka dari itu, aspek portabilitas pun ia perhatikan dengan baik. Dimensinya tampak ringkas, hanya 105 x 86 x 42 mm, berdasarkan skema yang diberikan. Ia tidak memiliki wajah, dan hanya didominasi oleh warna hitam serta putih.

droPrinter tidak memerlukan tinta. Prinsip kerjanya sama seperti mesin kasir atau fax, memakai kertas thermal yang bisa kita beli di toko alat-alat tulis kantor dalam wujud rol demi rol. droPrinter hanya memerlukan energi listrik yang berasal dari baterai rechargeable-nya, dengan estimasi daya tahan sekitar 7 jam nonstop, atau 120 jam standby.

Info menarik: Bricasso Ialah Printer Lego Untuk Mencetak Mosaik Lego

Lalu apa saja yang bisa dicetak olehnya? Berkat fungsi screenshot, jawabannya secara teori apapun yang bisa ditampilkan oleh smartphone Anda – terkecuali boot logo, tentu saja. Ia menyambung ke smartphonevia Bluetooth. Selanjutnya, Anda tinggal memilih apa yang hendak dicetak dalam wujud hitam-putih melalui aplikasi pendampingnya di Android atau iOS.

Dengan demikian, Anda bisa mencetak daftar belanja yang tersimpan di smartphone, lalu menyelipkannya ke dalam dompet. Atau Anda juga bisa mencetak sejumlah memo penting untuk kemudian dilekatkan ke bingkai monitor di atas meja kerja Anda.

Kampanye droPrinter di Kickstarter saat ini masih berlangsung. Pledge paling rendah untuk menggaet satu unit droPrinter adalah $50. Harga retail-nya sendiri diperkirakan berkisar $99 saat kampanyenya usai nanti.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter