Dalam dunia startup traksi menjadi acuan keberhasilan sebuah startup menjalankan bisnisnya. Traksi yang baik menunjukkan potensi serta masa depan dari startup, yang tentunya mampu memberikan kesan yang baik kepada pihak terkait, dalam hal ini adalah investor. Traksi juga menjadi validasi bahwa layanan atau produk disukai oleh konsumen.

Namun demikian definisi traksi yang sebenarnya bukan hanya kepada pendapatan, profit atau meningkatnya jumlah konsumen atau pengguna, terdapat hal-hal lain yang bisa menunjukkan startup Anda memiliki traksi yang positif. Intinya adalah jika startup Anda bisa memberikan layanan atau produk yang memiliki nilai maka konsumen pasti akan menyukainya, namun jika startup Anda tidak bisa menyediakan nilai tersebut, produk atau layanan Anda akan kurang diminati oleh konsumen.

Artikel berikut ini akan membahas 3 faktor penunjang meningkatkan traksi startup agar bisa bertahan dan menjalankan bisnis dengan baik.

Formasi

Ketika ide dan model bisnis telah Anda temukan idealnya adalah melakukan langkah awal agar nantinya saat proses penggalangan dana dan kegiatan pemasaran dilakukan, Anda telah siap dan memiliki materi yang bisa dipresentasikan.

Salah satu langkah awal yang wajib dilakukan adalah, membuat situs dan jadikan situs tersebut sebagai platform untuk promosi, informasi terhadap produk atau layanan yang akan Anda hadirkan. Jangan lupa lakukan validasi dan pastikan bahwa Anda telah memiliki target pasar yang tepat. Jika sebelumnya Anda tidak melakukan langkah awal ini, akan berpengaruh kepada bagaimana Anda menjalankan bisnis. Persiapan di awal merupakan pertanda bahwa Anda siap dan menguasai bisnis Anda.

Pelanggan

Jika saat ini Anda telah memiliki pengguna aktif jangan terlalu cepat puas, karena yang perlu Anda perhatikan adalah berapa banyak pengguna aktif Anda yang bersedia membayar secara rutin terhadap layanan atau produk yang Anda tawarkan. Jika saat ini Anda belum banyak memiliki pelanggan berbayar, artinya produk atau layanan Anda belum cukup maksimal. Pelanggan yang berbayar dalam jumlah yang cukup besar dan terus meningkat, bisa membantu Anda mendapatkan traksi, artinya Anda pun tidak harus melakukan penggalangan dana kepada investor.

Banyak cara yang bisa dilakukan startup untuk membuktikan bahwa produk atau layanan telah memiliki cukup banyak pelanggan melalui testimoni. Namun demikian testimoni yang cukup banyak dimuat di situs, bukan berarti produk atau layanan Anda cukup popular dan diminati. Idealnya testimoni hanya berupa platform untuk penghargaan atau komentar dari pelanggan Anda yang telah mencoba dan puas terhadap layanan atau produk startup Anda. Jangan terlalu banyak bergantung kepada testimoni untuk meningkatkan traksi.

Produk dan tim pengembang

Salah satu alasan utama investor bersedia untuk memberikan pendanaan kepada startup adalah produk serta latar belakang tim yang dimiliki. Intinya adalah tim yang baik dan memiliki kemampuan serta pengetahuan yang luas, cenderung menarik perhatian investor dan pihak terkait lainnya. Untuk itu pastikan Anda memiliki produk dan tim pengembang yang solid dan tentunya mengetahui dengan pasti rencana serta target dari startup untuk masa depan.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.