Setelah melakukan brainstorming yang cukup intens dengan rekan Anda akhirnya ditemukan ide serta formula yang tepat dan terbaik untuk usaha Anda. Idealnya adalah ide yang ada merupakan ide yang original dan belum diimplementasikan oleh orang lain. Apa pun ide yang telah didapatkan langkah selanjutnya yang ternyata merupakan langkah krusial yang bakal dilakukan adalah, bagaimana mewujudkan ide yang telah dimiliki menjadi bisnis yang berfungsi dengan baik dan mendatangkan profit.

Pada artikel berikut ini, Co-founder Have To Have Kimberly Skelton berbagi tips bagaimana cara yang tepat mengimplementasikan sebuah ide menjadi bisnis yang menguntungkan.

Melakukan riset pasar

Langkah pertama yang wajib dilakukan untuk startup baru adalah melakukan riset pasar. Lancarkan kegiatan tersebut secara mendetil hingga akhirnya Anda menemukan jawaban, mengapa belum ada yang menciptakan ide ini? Bagaimana saya bisa memberikan produk yang lebih baik dari layanan yang sudah ada di pasar? Jangan lupa untuk melakukan perencanaan keuangan, dalam arti berapa besar dana yang Anda butuhkan agar bisnis bisa berjalan. Lakukan pula kalkulasi target pasar yang ingin diincar, apakah di awal Anda berniat untuk menargetkan pasar yang langsung besar atau dalam skala kecil terlebih dahulu.

Setelah semua dilakukan, langsung buat roadmap untuk mewujudkan ide yang dimiliki, seperti apa bentuk produk nantinya akan dibuat, siapa target pasar yang paling ideal dan seperti apa potensi dari distribusi yang akan dilancarkan. Buatlah konsep awal meskipun masih dalam draft atau mendasar.

Menciptakan tim

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mulai untuk mencari anggota tim yang cocok dengan kebutuhan Anda saat ini. Apakah Anda membutuhkan co-founder yang memiliki kemampuan yang tidak Anda miliki, engineer yang bisa membuat prototipe terlebih dahulu, tim pemasaran untuk melancarkan kegiatan promosi dan lainnya.

Tentukan juga pendanaan awal yang ingin Anda gunakan, apakah dengan uang pribadi, meminjam di bank, atau memutuskan untuk melakukan pendekatan dengan angel investor.

Mengeksekusikan segera

Sambil Anda melakukan pencarian anggota tim yang sesuai, langsung eksekusikan ide tersebut dengan membuat produk secara langsung. Kebanyakan startup memilih untuk membuat produk hingga sempurna sebelum melemparkannya ke pasar, namun cara yang lebih ringkas dan terbukti berhasil untuk mendapatkan feedback adalah, dengan membuat “minimum viable product” yaitu cara paling murah yang bisa dilakukan agar produk bisa segera di uji coba ke pasar.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah membuat prototipe kasar terlebih dahulu, kemudian dites langsung kepada target konsumen atau klien yang sesuai dengan jenis produk yang diciptakan. Feedback yang pada umumnya negatif akan bisa dimanfaatkan untuk mengkoreksi produk hingga sempurna.

Menerapkan tiga cara tersebut tentunya bakal menghabiskan waktu, tenaga dan uang yang cukup besar. Belajar dari pengalaman Kimberly Skelton yang telah sukses meluncurkan startup Have To Have dengan melakukan eksekusi segera, tips ini dijamin bisa menghasilkan bisnis yang sukses dan bertahan lama.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.