27 January 2016

by Oki Rosgani

Tiga Chipset MediaTek Ini Siap Warnai Smartphone Murah Terbaru

Ketiga modul chipset tersebut juga telah mendukung koneksi ke jaringan LTE 4G

Seakan tak mau kalah dari para pesaingnya, kini MediaTek, sebagai salah satu produsen semikonduktor yang fokus dalam memproduksi modul chipset untuk perangkat mobile, tengah menyiapkan produk teranyarnya.

Tak tanggung-tanggung, perusahaan semikonduktor asal Taiwan ini telah menyiapkan sedikitnya tiga modul chipset teranyar yang lebih ditujukan untuk dapat dijejalkan pada perangkat terjangkau. Ketiga modul chipset tersebut adalah Mediatek MT6738, MT6750 dan MT6750T.

Seperti yang kami kutip melalui situs GSMArena, ketiga modul chipset baru tersebut akan memiliki dukungan koneksi ke jaringan LTE.

Jika sebelumnya pihak MediaTek telah merilis chipset untuk bisa disematkan pada smartphone yang ditawarkan pada range harga $100, maka ketiga produk chipset teranyar ini akan bisa menekan harga perangkat yang jauh lebih murah, konsumen bisa mendapatkan perangkat berkemampuan LTE dengan merogoh kocek hanya sekitar $50 saja.

Berikut adalah paparan singkat dari ketiga chipset teranyar yang dirilis oleh Mediatek tersebut:

Mediatek MT6738 merupakan prosesor yang dibangun dengan basis chipset quad-core A53 yang  dapat berlari pada kecepatan maksimal 1.5GHz, prosesor ini juga didukung dengan modul grafis SoC ARM Mali T860 MP1 yang dapat digeber hingga kecepatan 700 Mhz, mampu mendukung tampilan layar HD dengan resolusi hingga 1280 x 720 piksel serta memungkinkan untuk menangani modul kamera 13 megapiksel serta RAM 4GB.

Spesifikasi dari komponen chipset ini mungkin hampir serupa dengan produk chipset yang pernah dirilis Mediatek sebelumnya, namun yang menjadi menarik dari prosesor ini adalah hadirnya dukungan untuk bisa menangani koneksi ke jaringan LTE.

Mediatek MT6750 merupakan prosesor octa-core yang dibangun dari gabungan 4 X chipset A53 yang  dapat berlari hingga kecepatan 1.0GHz dan 4 x chipset A53 yang dapat berlari pada kecepatan 1.5GHz. Selain mampu mengakses jaringan LTE Cat 6 dan mendukung penggunaan modul kamera 16 megapiksel, dukungan modul grafis ARM Mali T860 MP2 juga telah dijejalkan pada prosesor ini.

Mediatek MT6750T merupakan prosesor dengan seri tertinggi yang memiliki spsesifikasi hampir sama dengan prosesor MT6750 di atas namun prosesor ini telah mengalami sejumlah peningkatan. Huruf 'T' kemungkinan kependekan dari 'Turbo', karena selain  memiliki dukungan untuk bisa mengakses jaringan LTE serta pengguna modul kamera 16 megapiksel, prosesor ini juga mungkin hadir dengan clock-speed yang lebih tinggi yang dapat menggenjot kinerja perangkat dan performa grafis hingga mampu menampilkan resolusi FHD 1920 x 1080 piksel.

Dari informasi yang sama disebutkan bahwa prosesor ini akan hadir mulai diproduksi setelah perayaan Tahun Baru Cina.

Sumber: 1, 2 | Gambar Header: Ilustrasi chipset via Shutterstock