1. Startup

Tiga Hal yang Bisa Dilakukan untuk Optimalkan Pengalaman Pengguna dari Data Media Sosial

Memaksimalkan peran media sosial untuk tingkatkan pengalaman pengguna dengan mengoptimalkan ekspos dan melakukan monitoring sepanjang waktu

Fenomena media sosial dan big data dalam pemanfaatannya untuk keperluan bisnis diprediksi akan terus meningkat. Ini tak lepas dari mulai diperhatikannya informasi pengalaman pengguna yang didapat dari media sosial dan dipelajari untuk semakin meningkatkan pengalaman pengguna. Tapi volume data saja tidak akan berarti apa-apa, harus ada strategi khusus untuk memanfaatkan data dari media sosial.

Berikut ini adalah tiga hal yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan  pengalaman pengguna melalui media sosial:

Pertama, adalah dengan melakukan posting pada waktu yang tepat untuk mendapatkan ekspos maksimum. Kebanyakan pelanggan atau pembeli memutuskan untuk mengikuti atau berteman dengan akun sebuah brand atau produk di dasarkan pada keaslian konten yang mereka terbitkan. Namun, salah satu keterlibatan pengguna terbesar adalah visibilitas posting. Harus ada jadwal di mana “lalu lintas” padat yang tepat untuk mendapatkan ekspos yang maksimal.

Kedua, adalah dengan melakukan monitoring sepanjang waktu dan tiap saat. Percakapan di media sosial harus dipantau sepanjang waktu. Ini seperti “menguping” pembicaraan orang lain untuk mendapatkan data pengalaman pengguna yang komplet. Informasi ini juga bisa menjadi salah satu hal untuk mendukung keputusan improvement di kemudian hari.

Ketiga, adalah mencoba untuk tidak menggunakan survei. Di era media sosial pendapat seseorang bisa dilihat di lini masa mereka. Perusahaan harus menyadari informasi pengalaman dan kebiasaan pengguna sekarang ini sudah bisa didapat dengan menganalisis media sosial.

Cara-cara tadi bisa dimanfaatkan jika memang diperlukan, tetapi jangan lupakan aturan pertama dan terpenting. Selalu kenali pengguna maupun target pasar sebuah produk dan selalu minta feedback mereka untuk melakukan pembenahan di kemudian hari.

_

Disclosure: DailySocial bekerja sama dengan Bigdata-madesimple.com untuk seri penulisan artikel tentang big data.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again