Categories

Tips

Tiga Hal yang Diharuskan Dilakukan Pasca Keluarnya Pegawai Kunci dari Perusahaan

Pentingnya melakukan persiapan hingga menjaga hubungan baik dengan mantan pegawai Anda

Yenny Yusra - 10 August 2016

Peluang untuk berganti pekerjaan dari perusahaan yang satu ke lainnya merupakan kebiasaan yang kerap dilakukan oleh pekerja. Tentunya banyak alasan yang menentukan seorang pegawai memutuskan untuk berpindah ke perusahaan lainnya. Jika kebetulan pegawai yang memutuskan berhenti dan berpindah ke perusahaan lainnya adalah pegawai yang memiliki peranan penting di perusahaan Anda saat ini, tentunya akan sedikit merugikan perusahaan Anda.

Cara terbaik untuk menangani keadaan tersebut adalah dengan berpikiran positif dan mendukung semua keputusan pegawai Anda. Artikel berikut ini akan mengupas 3 cara tepat untuk menangani pegawai yang memutuskan untuk pindah pekerjaan dan perusahaan.

Mengawasi dan mencermati semua tugas pegawai kunci

Salah satu cara ampuh yang bisa dilakukan untuk mengatasi terjadinya kekosongan posisi yang biasanya dikerjakan oleh tim di perusahaan Anda adalah, dengan membuat laporan yang berisikan informasi dan perkembangan terkini terkait dengan tugas atau proyek yang sedang dikerjakan. Dengan demikian ketika pihak tersebut memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan, Anda sebagai manajemen dan pemilik perusahaan telah mengetahui dengan jelas sejauh mana pegawai tersebut telah menyelesaikan tugas yang ada.

Hal ini tentunya menjadi wajib untuk diterapkan di kalangan pegawai penting yang memiliki peranan penting di perusahaan. Untuk itu secara rutin cermati dan awasi semua pekerjaan yang dibebankan kepada pegawai ‘inti’ Anda di perusahaan.

Terima semua perubahan

Sebagai pimpinan atau pemilik perusahaan Anda harus menerima semua perubahan yang ada, artinya disini adalah siap untuk menerima kenyataan bahwa akan banyak pegawai Anda terutama di kalangan manajemen akan meninggalkan perusahaan dan memilih untuk bekerja di perusahaan yang lain. Jika hal ini terjadi di perusahaan Anda,  keputusan akhir ada di tangan Anda, apakah pada akhirnya Anda lebih memilih untuk mencari pegawai baru dengan kemampuan dan keahlian yang sama atau pegawai baru dengan kemampuan dan keahlian yang lebih dan berbeda untuk membantu Anda membangun perusahaan.

Ciptakan hubungan baik

Rasa kecewa tentunya tidak bisa dihindari, terutama jika pegawai yang memutuskan untuk pindah perusahaan adalah pegawai inti yang bertanggung jawab menangani tugas penting dari perusahaan. Upayakan untuk bisa menerima keputusan yang ada dari pegawai Anda dan ciptakan hubungan yang baik dengan mereka, meskipun sudah tidak lagi menjadi pegawai di perusahaan Anda. Hormati dan terima keputusan mereka dengan sikap yang positif dengan cara memberi dukungan dan penghargaan terakhir kepada mereka. Dengan demikian hubungan baik antara Anda dengan mantan pegawai akan bisa tercipta dengan baik di masa mendatang.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter