1. Startup

Tiga Hal yang Harus Diperhatikan Agar Sukses Menutup Kesepakatan dengan Investor

Senior Managing Director TSG Consumer Partners Hadley Mullin memberikan tiga langkah untuk mendapatkan modal memulai atau mengembangkan startup Anda. Menurutnya, waktu terbaik untuk mencari dana adalah ketika Anda belum membutuhkannya.

Founder yang putus asa untuk mendapatkan pendanaan cenderung untuk membuat keputusan bisnis yang buruk dan tidak menarik bagi investor. Sebaliknya, Mullin menyarankan pengusaha untuk memanfaatkan downtime dengan bijaksana, sehingga ketika mitra pendanaan yang tepat datang mereka siap untuk menutup kesepakatan dengan cepat.

Berikut adalah strategi yang direkomendasikan Mullin:

Jangan meremehkan jaringan

Ketika menjalankan startup, tentu setiap pengusaha akan mencurahkan seluruh waktu dan tenanga membangun bisnisnya. Tak heran jika membangun network menjadi  prioritas kesekian. Mullin justru mendesak pengusaha untuk sengaja mengalokasikan waktu pergi ke ajang startup dan bertemu orang banyak.

Jangan ragu dan malu berkenalan serta membangun jaringan, sebab pengusaha yang berpengalaman biasanya sangat tertarik untuk membantu generasi berikutnya. "Mereka cenderung bersedia memberika arahan yang sangat efisien. Anda butuh informasi dan perspektif, pengusaha yang telah melakukan hal yang Anda coba lakukan saat ini adalah sumber sempurna," ujarnya.

Mulai berinvestasi talenta dari awal

Menurut Mullin kesalahan umum yang sering dilakukan pengusaha sering mengambil jalan pintas merekrut talent pada awal bisnis mereka. Untuk mengurangi biaya gaji atau pengeluaran mereka tidak mau berinvestasi untuk keberhasilan jangka panjang perusahaan.

Mempekerjakan karyawan yang berpengalaman namun mahal, menurut Mullin itu adalah investasi yang berharga, karena memiliki tim yang kuat akan memuluskan bisnis pitch kepada investor di kemudian hari. Ia mengatakan, "Ketika kami mengevaluasi perusahaan Anda, kami akan melihat tim Anda. Jika Anda mempekerjakan eksekutif yang terbukti kompeten, kami akan lebih mungkin untuk berinvestasi."

Bayangkan investor yang bisa menjadi mitra ideal

Menjalankan sebuah usaha tentu saja membutuhkan kapital yang harus terus ada. Ada kalanya saat keuangan mulai merosot, dan putus asa mencari sumber pendanaan. Mullin meyakinkan jangan ragu, saat ini adalah masa yang tepat untuk menjalankan bisnis karena ada dana banyak yang tersedia di luaran sana dan banyak pilihan investor. (Baca juga: Saatnya Industri Teknologi Indonesia Kebanjiran Investasi Asing)

Mullin menyarankan jangan hanya berusaha menemukan sumber modal, tetapi juga  harus berpikir tentang memasukkan board member sebagai mitra sejati yang bersedia untuk memberikan waktu, keahlian, dan wawasan mereka. Mullin merekomendasikan mencari investor yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam sektor tertentu.

Menurutnya, meraih pendanaan bukanlah hal yang tersulit dalam menjalankan bisnis, jauh lebih menantang adalah apa yang akan Anda lakukan setelah dana tersebut mengucur. Mullin mengatakan Anda harus menemukan investor yang dapat membantu mengelola pertumbuhan dan yang memiliki visi yang sama tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat perusahaan Anda menguntungkan. (Baca juga: Pendanaan Masif yang Diperoleh Tokopedia Menepis Semua Keraguan terhadap Investasi di Bidang Teknologi Indonesia)

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again