Saat menjalankan startup terkadang Anda sebagai Founder kerap bertemu dengan masalah yang cenderung minor sifatnya. Jika tidak dilakukan dengan tepat, persoalan tersebut bisa menjadi kesalahan kecil yang bakal mengganggu jalannya bisnis startup. Artikel berikut ini akan mengupas tiga kesalahan kecil yang bisa dihindari oleh pemilik startup saat menjalankan bisnis.

Kontrol pengeluaran

Saat startup baru berjalan dan pengguna hingga traksi sudah mulai didapatkan dalam jumlah yang cukup, ada baiknya untuk mengontrol pengeluaran. Dalam hal produksi atau pengembangan, pikirkan dengan bijak teknologi atau produk yang akan dibuat, jangan habiskan uang simpanan Anda untuk menambah fitur atau membuat inovasi baru yang belum dibutuhkan.

Jika Anda masih memanfaatkan uang sendiri atau bootstrapping, kegiatan ini akan mempengaruhi pengeluaran dan kondisi finansial startup, namun jika startup telah memiliki pendapatan yang stabil dan investor yang rela memberikan uang dalam jumlah besar hal tersebut bisa saja dilakukan. Untuk itu perhatikan kondisi finansial startup, dan pastikan layanan atau fitur yang akan dibuat, tidak akan merugikan startup pada akhirnya.

Jangan terlalu fokus kepada satu produk

Kebanyakan Founder merasa yakin dan terlalu fokus dengan satu produk, sehingga menghiraukan potensi di sekitar yang bisa digali lebih dalam menjadi produk. Sudah banyak entrepreneur yang gagal ditengah jalan karena terlalu yakin dan personal dengan produk yang dimiliki.

Jika Anda sudah memiliki ide atau produk yang bakal dibuat, coba cermati juga peluang serta faktor pendukung lainnya yang bisa membantu startup. Hal tersebut bisa membantu startup melakukan pivoting, ketika produk awal tidak berjalan dengan baik.

Jalankan bisnis bukan startup

Terkadang inovasi yang memanfaatkan sepenuhnya teknologi tidak akan bertahan lama, untuk itu ketika Anda berniat untuk meluncurkan startup, pikirkan dengan baik masa depan dan bagaimana produk yang dihadirkan saat ini bisa bertahan 10 hingga 20 tahun lebih lamanya.

Idealnya jalankan startup Anda layaknya bisnis, bisnis yang berjalan dengan baik dan lancar memiliki potensi untuk menjadi besar. Idealnya startup sarat dengan inovasi dan growth, namun tujuan akhir membangun startup adalah bisnis yang berjalan dengan baik dan tahan lama.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.