1. Startup

Tiga Risiko Kegiatan Pemasaran Berbayar

Mulai dari budget yang besar hingga kurangnya respon dari pelanggan yang loyal

Saat ini ketika semua kegiatan promosi difokuskan kepada mobile marketing, menjadikan platform tersebut terlalu crowded dan cenderung dilupakan oleh target pasar jika tidak memiliki tampilan yang unik dan stand out. Salah satu cara paling cepat untuk melakukan kegiatan promosi yang bisa mendatangkan jumlah pelanggan dan pada akhirnya profit adalah melalui kegiatan pemasaran berbayar atau paid acquisition.

Meskipun terbilang cepat mendatangkan jumlah pelanggan dengan penyaringan yang bisa disesuaikan, cara seperti ini ternyata juga memiliki efek yang tidak baik ke depannya. Artikel berikut akan membahas 4 hal negatif yang terjadi jika melakukan kegiatan paid acquisition.

Tidak bertahan lama

Meskipun budget untuk kegiatan paid acquisition bisa disesuaikan, namun pada akhirnya kegiatan pemasaran seperti ini tidak akan bertahan lama. Meskipun rewards telah diberikan kepada target pelanggan, namun jika kegiatan ini tidak didukung dengan produk yang dibutuhkan oleh pelanggan atau fungsi menarik lainnya, tidak akan mampu merangkul jumlah pelanggan yang loyal.

Bersifat sementara

Selain media sosial sudah banyak brand yang memanfaatkan influencer di Instagram hingga Youtube untuk mempromosikan produk mereka. Selain membutuhkan budget yang lumayan besar, cara seperti ini juga tidak mampu mendatangkan pelanggan yang tepat, karena sifatnya yang sementara. Untuk sesaat dalam timeline yang telah ditentukan, pelanggan baru bisa saja bertambah, namun jika budget Anda habis atau tidak cukup, kegiatan ini akan berakhir tanpa ada impact yang berkelanjutan.

Budget yang besar

Melakukan kegiatan paid acquisition artinya perusahaan harus memiliki budget extra untuk melancarkan kegiatan tersebut, terutama ketika proses tersebut perlahan mulai menurun dan tidak mengalami peningkatan yang positif. Jika hal ini terjadi, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah untuk mengurangi Customer Acquisition Costs (CAC), selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melihat siapa pelanggan yang secara organik masih memanfaatkan produk atau layanan Anda. Secara otomatis kegiatan ini juga akan memperlihatkan penurunan pelanggan yang kurang "aktif" menggunakan produk.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again