Dark
Light

Tiga Smartphone Lumia Terbaru Diperkenalkan Pada Acara #Morelumia di Berlin

3 mins read
September 5, 2014

Pada hari Kamis 4 September 2014, tepat pukul 10:00 waktu Berlin atau pukul 15:00 WIB, Nokia (atau kini dikenal dengan Microsoft Device) telah mengadakan acara yang bertajuk #Morelumia. Pada acara ini, Nokia yang kini telah diakuisisi sepenuhnya oleh Microsoft, memperkenalkan serangkaian produk Lumia baru termasuk keberadaan software Windows 8.1 update kedua yang disebut sebagai Nokia Denim.

Acara yang dipimpin oleh Chris Weber yang menjabat sebagai executive vice president of global sales and marketing dari Micorosoft itu dibuka dengan sejumlah tayangan video yang menampilkan sejumlah foto dan video yang dihasilkan dari Nokia Lumia terbaru. Pada acara itu juga Weber berkesempatan ntuk memperkenalkan tiga buah smartphone Nokia Lumia terbaru yakni Lumia 830, Lumia 735 dan Lumia 730.

Event #Morelumia yang diadakan disela-sela perhelaan IFA 2014 Berlin itu juga ditayangkan secara langsung melalui siaran webcast, namun begitu bagi Anda yang tidak sempat menyaksikan acara tersebut, masih bisa menyaksikan tayangan ulangnya melalui tautan berikut ini.

MoreLumia-01

Lumia Denim

Chris Weber yang membuka acara tersebut langsung memperkenalkan keberadaan dari Lumia Denim, ini merupakan versi update dari sistem operasi Windows Phone 8.1 yang kini disematkan pada sejumlah perangkat Lumia terbaru, pada kesempatan itu Chris juga mendemokan fitur Cortana, ini adalah fitur sejenis asisten pribadi digital mirip Siri pada iOS, pada update Lumia Denim fitur ini telah disempurnakan sehingga dapat merespon pertanyaan lebih akurat dan lebih baik dari versi sebelumnya.

Lumia 830

Screen Shot 2014-09-05 at 9.58.40 AM

Pada acara ini Chris memperkenalkan tiga buah smartphone baru yakni Lumia 830, Lumia 735 dan Lumia 730. Lumia 830 adalah salah satu smartphone unggulan yang digadang-gadang akan menjadi pesaing bagi Samsung Galaxy S5 dan Apple iPhone 5S dari sisi kamera.

Lumia 830 yang memiliki fitur kamera PureView ini ditawarkan dengan harga lebih murah dibanding rivalnya. Bagaimana tidak, sementara Samsung Galaxy S5 ditawarkan dengan harga 440 Euro, Apple menawarkan iPhone 5S dengan harga 515 Euro, Nokia menawarkan Lumia 830 hanya dengan harga 330 Euro saja.

Lumia 830 diotaki dengan prosesor Snapdragon 400 quad-core 1.2GHz dengan 1GB RAM, memiliki bobot 150 gram dengan ketabalan 8.5mm, Microsoft mengklaim bahwa Lumia 830 merupakan seri Lumia yang memiliki body paling tipis dan paling ringan saat ini.

Spesifikasi lainnya termasuk layar 5 inci, memori internal 16 GB dengan slot microSD mendukung sampai 128 GB. Resolusi layar HD720 (1280 x 720). Kamera utamanya 10 MP dan kamera depan HD 0.9 MP dengan fitur wide angle. Untuk baterai sendiri adalah 2200 mAh.

Lumia 830 dibekali dengan perangkat lunak khusus kamera yang memiliki sejumlah fitur menarik, selain itu Lumia 830 ini juga memiliki prosesor yang lebih baik yang dapat menangkap gambar dengan cepat, pada kesempata ini Chris mendemokan kamera pada Lumia 830 dengan memanggil salah satu atlit yang memainkan bola diatas panggung, dengan Lumia 830 Chris bisa menangkap semua momen yang dilakukan atlit tersebut baik foto maupun video.

Disela-sela presentasinya, Chris memanggil rekannya, Christine seorang wanita muda yang ikut membidani kemampuan optik kamera pada ponsel Lumia, Christine menjelaskan secara detail mengenai kemampuan kamera yang bisa digunakan dalam kondisi kurang cahaya karena selanjutnya pengguna bisa menambahkan intensitas cahaya yang diinginkan setelah foto tersebut diambil.

Lumia 735 dan Lumia 730

Screen Shot 2014-09-05 at 9.59.34 AM

Selain Lumia 830, dua buah perangkat Lumia lain yang ikut diperkenalkan adalah Lumia 735 dan Lumia 730, keduanya memiliki disain dan fitur yang hampir sama, namun Lumia 730 hadir dengan dukungan Dual SIM, fitur yang banyak diminati oleh para pengguna ponsel dikawasan Asia. Sedangkan ponsel Lumia 735 dilengkapi dengan dukungan koneksi 4G LTE.

Selfie

Menariknya, kedua jenis seri Lumia terbaru itu dilengkapi dengan fitur ‘Selfie-apps’, di Lumia 735 dan 730 sudah dilengkapi wide angle.

Jadi dalam kondisi jarak dekat, Lumia ini bisa menangkap foto secara maksimal tanpa ada gambar yang terpotong. Selain itu pengguna bisa mengatur kecerahan warna serta pencahayaan serta filter yang bisa diterapkan sesaat setelah mengambil foto dengan kamera bagian depan tersebut.

Keduanya diotaki dengan prosesor quad core 1,2GHz besutan Qualcomm Snapdragon 400. Layar kedua smartphone ini adalah 4.7 inci, RAM 1GB memori internal 8GB dengan slot microSD sampai 128GB.

Untuk kamera utama atau kamera belakang dan memiliki kamera belakang memiliki spesifikasi 6,7 megapiksel sedangkan kamera depan Full HD 5MP wide angle yang pas buat selfie. Dalam kesempatan itu Chris memanggil rekan-rekan lainnya untuk berfoto selfie bersama diatas panggung.

PhoneHD10ScreenSharing

Sejumlah aksesoris khusus Lumia juga ikut diperkenalkan pada perhelatan ini, salah satu yang menarik perhatian kami adalah perangkat Phones HD-10.

Aksesoris ini digunakan untuk memfungsikan fitur Microsoft Screen Sharing yang terdapat pada ponsel Lumia dan ditampilkan pada layar yang lebih besar dengan menggunakan teknologi NFC. Aksesoris ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang sering melakukan presentasi, sehingga dengan aplikasi Office yang telah terpasang pada ponsel Lumia, pengguna tidak repot lagi harus menggunakan laptop atau PC untuk melakukan presentasi.

Tidak hanya itu, Nokia Lumia terbaru ini juga hadir dengan fitur wireless charging, fitur pengisian baterai secar nirkabel ini memang telah menjadi tren belakangan ini, dan yang lebih menarik, wireless charger plate milik Nokia akan memancarkan sinar saat digunakan.

Sinar yang dipancarkan ini juga bisa tampil berbeda-beda sebagai notifikasi ketika ponsel menerima pesan saat proses pengisian ulang dilakukan.

Microsoft mengatakan bahwa semua smartphone terbaru ini akan mulai tersedia dipasaran pada bulan September ini. Untuk pembaca TRL yang ingin melihat spesifikasi lengkap bisa menuju tautan ini: Lumia 830, Lumia 730 dan Lumia 735.

Wireless Charging-01

Previous Story

Arip Tirta Tinggalkan Karier Mapan di Silicon Valley untuk Mulai dari Nol di Tanah Air

Next Story

Western Digital Hadirkan Hard Disk 6 Terabyte Untuk Sistem NAS

Latest from Blog

Don't Miss

Nokia-G22-6

Bermitra dengan iFixit, HMD Global Bikin Nokia G22 yang Bisa Diperbaiki Dalam Hitungan Menit

HMD Global memeriahkan acara teknologi tahunan Mobile World Congress (MWC)
Nokia luncurkan smartphone dan tablet murah meriah

Nokia Luncurkan Smartphone dan Tablet Baru, Semuanya Murah Meriah

Usaha Nokia untuk dapat kembali dilirik oleh para pengguna smartphone