Tahun ini tiga startup asal Indonesia berhasil menjadi finalis dari program akselerator startup global yang didukung oleh Telstra, Muru-D. Ketiga startup asal Indonesia tersebut adalah amtiss, Teman Usaha, dan Zelos, dua dari tiga startup tersebut merupakan alumni program Telkom Indigo Incubator. 11 startup dari 7 negara yang beruntung akan mengikuti program akselerasi selama 6 bulan (termasuk  3 dari Indonesia) di Singapura.

Muru-D memberikan modal awal kepada masing-masing start-up finalis sebesar SGD $ 40.000, selain itu para finalis mendapatkan bimbingan intensif untuk mengasah kemampuan selama enam bulan. Muru-D juga menyediakan ruang kerja kolaboratif di jantung distrik bisnis sentral Singapura, akses untuk berkolaborasi dengan para mentor kelas dunia, para pelatih profesional dan investor.

“Kami sangat bersemangat dalam melakukan proses perekrutan start-up dari berbagai negara untuk disertakan dalam kelompok kedua ini, termasuk start-up dari Indonesia. Mereka memiliki ide-ide, semangat kewirausahaan yang luar biasa. Tak heran jika amtiss, Teman Usaha dan Zelos, lebih unggul selama masa praktik dan penjurian babak final pada bulan Augustus.” Kata Head of muru-D Singapore Jamie Camidge.

Peluang menjadi pemenang startup asal Indonesia

Tiga Startup Indonesia Berpartisipasi dalam Program Akselerator Muru-D di Singapura

Tahun sebelumnya startup asal Indonesia tidak ada yang berhasil lolos mengikuti program akselerasi Muru-D, dengan keikutsertaan tiga startup asal Indonesia pada tahun ini memiliki peluang untuk memenangkan program Muru-D karena memiliki keunikan dan keunggulan dalam mengkombinasikan bisnis dan teknologi untuk mengatasi masalah usaha dan sosial.

“Peluang bisnis start-up punya kesempatan besar di Indonesia, banyak individu berbakat yang memiliki ide-ide besar untuk mengembangkan bisnis mereka di Indonesia dan di ajang global. Kami berharap Muru-D bisa menjadi wadah bagi para start-up yang memiliki bakat dan ambisi,“ kata Presiden Direktur telkomtelstra Erik Meijer.

Berikut adalah profil dari tiga startup asal Indonesia yang berhak mengikuti program akselerator Muru-D.

amtiss, adalah solusi manajemen aset berbasis cloud yang membantu bisnis dan perusahaan meminimalkan biaya operasional aset dan memaksimalkan masa kerja melalui pemeliharaan yang bersifat prediktif.

Zelos, adalah platform perekrutan kreatif yang menghubungkan bakat baru dengan dunia bisnis. Mereka membantu mahasiswa aktif serta mahasiswa yang baru lulus untuk mendapatkan pekerjaan melalui algoritma perjodohan, analisis sosial dan tes penilaian.

Teman Usaha, adalah aplikasi pembiayaan mikro yang menghubungkan pemberi pinjaman di Indonesia dengan pemohon pinjaman UKM dengan kualitas tinggi.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.