1. Startup

Tiga Strategi Pemasaran Jitu Agar Perusahaan "Game" Asia Tenggara Bisa Bersaing dengan Kompetitor Asing

Hampir seluruh industri game di Asia Tenggara saat ini didominasi perusahaan internasional

Perkembangan industri game di Asia Tenggara merupakan yang tercepat di dunia. Faktanya, meningkatnya penggunaan internet serta pendapatan rata-rata masyarakat merupakan dua faktor utama meningkatnya pertumbuhan industri game di kawasan ini.

Namun, hampir seluruh industri game di Asia Tenggara didominasi oleh perusahaan internasional. Hal ini disebabkan karena sebagian besar perusahaan game internasional memiliki pengalaman ekspansi yang lebih matang dan cadangan modal yang kuat.

Kerasnya persaingan di lingkungan ini membuat perusahaan game di Asia Tenggara sulit bertahan. Oleh karena itu, tim Tagtoo telah melakukan analisis mendalam dan menemukan tiga poin penting yang harus dilakukan perusahaan game lokal agar dapat bersaing dengan perusahaan asing.

Memenuhi keinginan gamer

Tren game dapat sewaktu-waktu berubah. Inilah mengapa perusahaan pengembang game terus berlomba-lomba untuk menyajikan game yang dapat memenuhi dan menarik perhatian para gamers. Mulai dari membuat konsep yang unik sampai memilih judul yang catchy, namun semua ini tidak dapat menjamin kesuksesan sebuah game.

Sesungguhnya, tidak ada konten game yang bisa memenuhi keinginan para gamer di seluruh dunia. Bahkan, game yang sedang booming sekalipun juga dapat ditinggalkan para pemainnya secara perlahan. Alasan mengapa hal ini terjadi adalah karena pengembang menargetkan kontennya kepada semua orang.

Perilaku pengguna dari setiap pangsa pasar pastinya memiliki ketertarikan dan perilaku yang berbeda terhadap suatu game. Jika pengembang game tidak membuat konten yang sesuai dengan minat di setiap pasar, maka gamer akan cepat bosan dan beralih ke game lain dengan fitur yang lebih menarik.

Sebagai contoh, pengembang game dapat membuat game eksklusif terhadap setiap segmen yang berbeda daripada menargetkan sebuah game kepada pangsa pasar yang sangat luas.

“Salah satu metrik yang tidak kalah penting tetapi juga sering diabaikan oleh developer game adalah tingkat retensi,” kata Edison Chen, Tagtoo Business Development Manager. “Banyak gamers mengunduh sebuah game secara tidak sengaja dan bukan karena mereka menyukai game tersebut.”

Inilah alasan mengapa developer game sebaiknya mengembangkan konten yang sesuai dengan pangsa pasar yang lebih spesifik. Penargetan pasar yang akurat tidak hanya meningkatkan daya saing game di pasar, namun juga dapat mendorong peningkatan pendapatan game melalui pembelian konten-konten eksklusif (in-app purchase) oleh para gamer.

Menambahkan elemen esport

Esport gaming (pertandingan game online) kini semakin menunjukkan potensinya di dunia. Dengan popularitas esport yang tumbuh pesat, banyak perusahaan game mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

Contohnya Free Fire, sebuah game seluler yang dikembangkan oleh Garena pada tahun 2017. Free Fire diyakini dapat melanjutkan momentum pertumbuhannya di Asia Tenggara dengan menggelar kompetisi esport di Free Fire World Cup 2019 di Thailand, sebuah acara yang berhasil menarik hampir 300 ribu peserta.

Kualitas sebuah game adalah kunci penting dari mengembangkan esport yang sukses. Pengembang game juga harus dapat menjamin desain antarmuka yang user friendly, desain game yang netral dan bebas bug. Selain itu, misi game yang mudah dipelajari tetapi sulit untuk dikuasai tentunya akan lebih menarik perhatian para gamer.

Selain memasang iklan digital, menyelenggarakan acara esport adalah salah satu pendekatan pemasaran yang efektif. Investasi seperti ini dapat meningkatkan kinerja penjualan dan jumlah pengguna.

Mengembangkan model berlangganan

Banyak pengembang game yang ingin mengambil bagian dari pasar game yang sedang bertumbuh dengan pesat. Namun, memonetisasi game tidaklah mudah.

Meskipun populasi gamer terus meningkat secara pesat di Asia Tenggara (terkecuali Singapura), namun pendapatan rata-rata per pengguna (ARPU / average revenue per user) secara keseluruhan tidak memuaskan.

Sebagai contoh, menurut laporan perusahaan analisa pasar Newzoo, Indonesia berada di posisi kedua terendah dengan nilai ARPU hanya $8,28 atau setara dengan Rp 117,572 (asumsi Rp 14.199 per US$), sedangkan Singapura memiliki ARPU yang relatif tinggi yakni $78,15. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia harus berusaha keras untuk dapat mencapai tingkat kematangan yang sama dengan pasar game di Singapura.

Dengan rendahnya nilai ARPU ini, maka konten dengan basis berlangganan akan semakin mudah ditemukan di Asia Tenggara.

Layaknya Netflix dan Spotify yang berhasil mempertahankan posisinya di kawasan Asia Tenggara, jenis konten berbasis langganan akan semakin diminati oleh masyarakat. Pengguna akan bersedia membayar sejumlah uang untuk mendapatkan konten yang lebih berkualitas. Hal ini tak terkecuali dapat diterapkan juga di bidang industri game.

Pendapatan yang berasal dari model langganan ini dapat membantu perusahaan game untuk memperoleh aliran pendapatan yang lebih mudah diprediksi. Secara signifikan, cara ini tidak hanya menurunkan resiko peluncuran dan penerbitan game, tetapi juga memungkinkan perusahaan game untuk lebih fokus pada pengembangan produk tanpa mengorbankan kualitas game.

- Artikel ini ditulis oleh Edison Chen di blog Tagtoo dan diterjemahkan oleh Cindy Irawan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again