Categories

Interview

Tiket.com dan Traveloka Kini Sediakan Fitur “Last-Minute Booking”, Apa Kabar HotelQuickly?

DailySocial telah mendiskusikannya dengan Co-Founder dan Managing Director HotelQuickly Indonesia Faustine Tan

Randi Eka - 3 May 2016

Setelah sebelumnya Tiket.com menghadirkan fitur baru di layanannya, yakni last-minute booking untuk pemesanan hotel, baru-baru ini di update aplikasi terbarunya, aplikasi Traveloka juga mengusung fitur yang sama. Lalu bagaimana dengan HotelQuickly, sebagai penyedia layanan yang memang mengkhususkan dirinya sebagai layanan pemesanan kamar hotel dengan mode last-minute booking?

Pembaruan Traveloka dengan Fitur Last-Minute Booking
Pembaruan Traveloka dengan Fitur Last-Minute Booking

DailySocial telah mendiskusikannya dengan Co-Founder dan Managing Director HotelQuickly Indonesia Faustine Tan, terkait dengan tanggapan dan strategi ke depan saat penyedia layanan pesan hotel sudah merambah ke fitur last minute booking. Berikut wawancara kami dengan Faustine.

Tanya (T): Sebagai pemain pertama di Indonesia yang menyediakan layanan last-minutes booking untuk pemesanan hotel, bagaimana tanggapan Faustine dengan makin banyaknya layanan yang menyediakan fitur yang sama?

Jawab (J): Sejak pertama kami launching 3 tahun lalu, kami sudah mengetahui adanya sebuah tren yang terjadi di dunia traveling. Ditambah dengan penggunaan sosial media yang tinggi oleh generasi milenial menjadikan traveling sendiri adalah sebuah lifestyle (bisa disebut urban lifestyle). Dan yang namanya lifestyle itu merupakan gaya hidup, ya bagian dari kehidupan sehari-hari itu sendiri, menjadi sebuah kebutuhan seperti butuh pengakuan masyarakat atau eksistensi. Contohnya kalau tidak upload foto makanan, maka tidak gaul. Sama halnya traveling, kalau tidak weekend getaway lalu foto di kamar hotel, berarti kurang update dan sebagainya.

Jadi semakin banyak yang last-minute ini menandakan memang pangsa pasarnya sangat luas, trennya ada, dan dengan adanya OTA (Online Travel Agency) yang mengikuti tren tersebut justru memudahkan penetrasi pasar last-minute yang sudah bisa dibilang mulai matang. Semakin banyak yang mengedukasi masyarakat urban untuk menjadikan traveling last-minute sebagai sebuah kebutuhan masyarakat perkotaan.

Moto kami dari awal adalah kami percaya bahwa momen-momen spontanlah yang akan memperkaya nilai hidup, karena itu HotelQuickly tetap konsisten dalam bisnis memberikan produk, layanan dan fasilitas penawaran yang terbaik, ini sudah terbukti bahwa harga kami rata-rata lebih murah hingga 30% dari semua jasa layanan online, karena kami sistemnya eksklusif hanya di aplikasi dan untuk member saja.

T: Tentu dari awal HotelQuickly sudah memprediksi bahwa fitur ini akan hadir di berbagai layanan pemesanan hotel, ada kiat khusus untuk menguatkan brand bahwa ketika orang membutuhkan hotel dengan harga terjangkau melalui pemesanan last-minutes maka jawabannya adalah HotelQuickly?

J:Brand kami sudah sangat jelas, the best last-minute hotel booking. Karena ini adalah main-target, main-product kami. Sedangkan kalau kita lihat OTA yang belakangan ini meluncurkan campaign sejenis, hanya merupakan compliment atau tambahan. Jadi jika diibaratkan sama dengan ketika melihat kedai kopi, maka main-product dari OTA adalah kopi semua jenis. Untuk layanan kami khusus kopi luwak atau kopi jenis terbaik yang dipilih dan spesial menjadi produk utama kami.

Di sana kita melihat ada dua kedai kopi berbeda yang menjual benda yang bernama kopi (sama), hanya beda kualitas.

Apakah kedai kopi A akan mengorbankan jenis kopi yang lain apabila sudah tau saat ini kopi luwak menjadi tren lalu semua produknya ganti kopi luwak? Saya rasa tidak, itu hanya tambahan.

Kami curated hanya hotel-hotel pilihan bintang 2-5 dengan rating minimal 7 untuk pelanggan kami. Tujuan yang kami tampilkan di aplikasi adalah tujuan last-minute, dengan harga terbaik hingga 30% lebih murah. Yang terpenting, akurasi kecepatan booking di kami hanya 40-60 detik, itulah kenapa namanya HotelQuickly. It’s fast, a tool that make your life easier while you completing your travel journey/plan.

Kami sudah mengikuti kebutuhan masyarakat lokal juga, contohnya dengan bekerja sama dengan Doku untuk memudahkan pembayaran via ATM untuk hotel-hotel di Indonesia

T: Terkait dengan aplikasi HotelQuickly, adakah update terkini dan fitur-fitur baru yang sudah atau akan segera dirilis?

J: Yang terakhir kami melakukan total rebranding, termasuk membagikan freebies dalam layanan hotel booking (freebies-nya ada di dalam aplikasi). Saat ini kami sudah bekerja sama dengan lebih dari 15.000 hotel di 16 negara, termasuk Jepang, setelah kami akuisisi Tonight App, dan 15.000 hotel tersebut adalah hotel-hotel pilihan terbaik. Jadi kualitas produk dan layanan kami, kami sangat percaya dengan 2 hal tersebut adalah yang utama.

Kembali pada pengalaman pelanggan sampai benar-benar puas dan membuktikan kami yang terbaik itu yang penting.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter