Categories

Interview

Tiketbusku Layani Pemesanan Bus Antarkota Secara Online di Sulawesi

Juga mengembangkan sistem manajemen tiket bus terpadu untuk mensinkronisasi penjualan tiket id setiap kantor perwakilan

Vivi Alhambra - 21 June 2016

Tiketbusku adalah situs reservasi bus antarkota secara online pertama yang berpusat di Sulawesi. Sebagai mitra Perusahaan Otobus (PO), pihak Tiketbusku telah membuat sistem manajemen tiket bus terpadu sehingga penjualan tiket bus di setiap titik kantor perwakilan terkontrol dan tersinkronisasi. Saat ini Tiketbusku melayani pembelian tiket di kawasan Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan.

Tiketbusku dirancang sejak April 2014 dan menggelar soft launching pada 1 Desember 2015 silam di Makassar. Dilatarbelakangi oleh kegelisahan Kasman Suherman yang telah beberapa kali mengikuti kompetisi tingkat lokal dan nasional, ia memutuskan membuat Tiketbusku dengan tujuan memudahkan masyarakat dalam mengecek /membeli tiket bus secara online.

“Saya mendirikan startup lokal ini sebagai pemicu bagi  mahasiswa yang lain bahwa  sudah saatnya kita menjadi bangsa yang produktif,  bukan konsumtif,” ujar mahasiswa jurusan Teknik Informatika UIN Alauddin Makassar semester VIII ini.

Saat ini aplikasi Android Tiketbusku sedang dalam tahap pengembangan.

Dari sisi pemesanan, Tiketbusku mengklaim memberikan kemudahan bagi para pemesan dengan cara yang  lebih singkat dan mudah dipahami (user friendly). Sistem penjualan ticketing Tiketbusku untuk perusahaan otobus disebutkan bisa digunakan secara gratis. Kasman menerapkan sistem bagi hasil untuk penjualan secara online.

Saat ini operasional masih bersifat bootstrapping dan Kasman berharap bisa memperoleh pendanaan eksternal untuk pengembangan lebih lanjut. Secara umum, memang belum ada situs pemesanan tiket bus yang berkembang secara nasional, seperti halnya Tiket atau Traveloka. Hal ini membuat startup yang fokus di segmen ini, yaitu pemesanan tiket bus dan travel, memiliki peluang untuk mengembangkan produknya di skala yang lebih luas.

Rute yang dilalui

Kasman mengatakan saat ini untuk  wilayah Sulawesi Selatan sudah terdapat enam perusahaan bus yang bergabung dengan tiketbusku. Terdapat pula dua  perusahaan bus di Sulawesi Barat dan Sulawesi Utara yang bergabung.

Tiketbusku juga melayani rute antar kota di Sulawesi Selatan, seperti rute Makassar-Pare-Pare dan Makassar-Bone.

“Tiketbusku melayani rute dari Makassar ke Sulawesi Barat, dan sebaliknya,” kata Kasman.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter