Dalam bekerja setiap harinya, seringkali kita dihadapkan dengan lebih dari satu tugas. Untuk bisa menyelesaikannya di hari yang sama, tentunya kita harus bisa memantau waktu dengan baik. Kalau tidak, mungkin waktu kita akan habis sia-sia akibat sesi curi-curi buka Instagram yang jika diakumulasikan bisa mencapai satu jam sendiri.

Memantau waktu bisa dengan banyak cara, dan saya yakin semua orang punya caranya sendiri-sendiri. Namun menurut sebuah studio desain asal Australia, Joan, mereka percaya mereka punya solusi yang lebih elegan untuk memantau waktu. Berangkat dari ketidakpuasan mereka akan software time tracking, mereka pun menciptakan Tiller.

Tiller

Tiller adalah sebuah perangkat kecil yang menyambung ke komputer atau laptop (Windows atau macOS) via USB. Cara penggunaannya benar-benar simpel: sentuh bagian atasnya satu kali, maka Tiller akan mulai memantau waktu dari aktivitas apapun yang Anda kerjakan, lalu sentuh sekali lagi untuk berhenti.

Bagian atasnya ternyata juga merupakan sebuah kenop. Putar kenop itu, maka di layar komputer akan muncul sederet aktivitas yang dapat dipilih, dan waktu akan langsung dipantau sesaat setelah pengguna menyentuh Tiller. Di masing-masing aktivitas, pengguna juga dapat menyentuh Tiller dua kali untuk menampilkan informasi ekstra seperti total waktu yang dihabiskan untuk kegiatan tersebut maupun budget yang tersedia.

Hardware-nya sengaja dibuat seminimal sekaligus seelegan mungkin. Bagian kenopnya terbuat dari aluminium, dengan diameter 63 mm, sedangkan tebal bodinya cuma 15 mm. Sebuah LED kecil di tengah-tengahnya akan menyala sebagai indikasi Tiller sedang memantau waktu.

Tiller

Tiller jelas bukan untuk semua orang. Saya yakin ada banyak yang tidak rela membeli gadget khusus yang hanya berfungsi untuk memantau waktu selain jam tangan. Pun demikian, Tiller akan sangat bermanfaat di tangan pemilik bisnis maupun freelancer yang kerap mematok tarif berdasarkan waktu kepada kliennya.

Saat ini Joan sedang memasarkan Tiller melalui Kickstarter dengan harga paling murah AU$111 (± Rp 1,2 juta) selama masa kampanye berlangsung, belum termasuk biaya pengiriman internasional. Pilihan warnanya ada empat: putih, abu-abu, oranye dan hitam.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.