Categories

Home Appliance

Tinggal Diketuk, Pintu Kulkas LG InstaView Akan Berubah Jadi Transparan

Dengan mengetuk jendelanya dua kali, bagian kaca akan berubah transparan dan lampu segera menyala.

Yoga Wisesa - 26 August 2016

Konsep kulkas pintar muncul di akhir tahun 90-an, lalu tak lama LG mencoba merealisasikan gagasan tersebut dengan memperkenalkan Internet Digital DIOS. Sayang tingginya harga (US$ 20 ribu lebih) dan fungsi yang kurang praktis menyebabkan produk tersebut gagal. Untuk perangkat terbaru mereka, LG memutuskan buat mengusung fitur sederhana tapi sangat berguna.

Semua orang pasti pernah menatap isi kulkas untuk mencari makanan (atau bahan makanan saat ingin memasak). Cukup lazim bukan? Masalahnya, dengan membuka pintu terlalu lama, temperatur interior akan naik serta membuang-buang listrik. Sang produsen consumer electronics asal Korea Selatan itu menawarkan solusi pintar berupa LG InstaView Door-in-Door, kulkas yang memungkinkan Anda mengintip konten tanpa membuka pintunya.

Caranya sangat unik, yaitu cukup dengan mengetuk jendelanya dua kali. Selanjutnya, bagian kaca 'ColdSaver' tersebut akan berubah transparan dan lampu segera menyala. Jendela itu diposisikan di pintu kanan, dan di sebelahnya, Anda bisa menemukan dispenser air dan es. InstaView turut dilengkapi alarm pintu, fitur child lock, SmartDiagnosis serta engsel pintu yang menutup secara otomatis.

LG InstaView memiliki volume sebesar 0,84-meter kubik, dan berukuran 0,92x0.9x1,78-meter. Bagian kulkas mempunyai empat rak ditambah tujuh rak di pintu, dengan konstruksi dari tempered  glass 'Spill Protector'. Lalu di freezer terdapat tiga laci tingkat plus ruang penyimpanan es. Sisi luarnya menggunakan cat berwarna kelabu gelap ala baja, dilindungi lapisan khusus sehingga tidak meninggalkan bekas noda tangan.

Meskipun saat ini kulkas dengan pintu kaca sudah tersedia di pasar, LG yakin InstaView dapat jadi lebih populer karena mereka turut memikirkan faktor privasi. Sering kali kita terlalu malas buat membenahi isi kulkas, dan jendela transparan membuat isinya terlihat amburadul. InstaView memanfaatkan jenis kaca khusus. Jika lampu di dalam dimatikan, konten sangat sulit dilihat.

Door-in-door sendiri mengacu pada desain pintu ganda. Dengannya kita bisa mengambil cemilan atau minuman di pintu tanpa perlu membuka semua pintu kulkas. Konsep ini dimaksudkan untuk menjaga suhu tetap dingin dan meminimalisir pemakaian listrik. Selain itu, LG sepertinya juga berniat untuk menerapkan teknologi InstaView di model Signature.

LG berencana meluncurkan kulkas InstaView di musim gugur tahun 2016. Produk tersedia dalam dua model: InstaView tiga pintu seharga US$ 4.300 dan tipe empat pintur seharga USUS$ 4.500.

Via CNET. Sumber: LG.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter