Categories

Mobile

Tingkatkan Kinerja Siri, Apple Akuisisi VocalIQ

Glenn Kaonang - 5 October 2015

Seperti yang kita tahu, Siri di iOS 9 kini jauh lebih cerdas daripada sebelum-sebelumnya. Akan tetapi hal itu tidak dianggap Apple sebagai titik untuk berhenti dan berfokus pada hal lain. Malahan, Tim Cook dkk baru saja mengakuisisi sebuah startup yang bisa kian menyempurnakan kinerja Siri.

Startup tersebut adalah VocalIQ, yang bergerak di bidang artifical intelligence (AI) secara spesifik untuk natural language processing. Apple sendiri tidak mengungkapkan secara pasti soal tujuannya menggaet aset intelektual milik VocalIQ, tapi paling tidak kita bisa berasumsi lewat deskripsi teknologi yang ada pada situs VocalIQ.

Secara keseluruhan, pengalaman VocalIQ di bidang natural language processing bisa membuat Siri jauh lebih cekatan dalam memahami instruksi suara dari pengguna. Sederhananya, teknologi rancangan VocalIQ bisa membantu Siri menjadi lebih 'manusiawi'.

Info menarik: Baidu Duer, Asisten Virtual Lawan Seimbang Siri dan Google Now

Namun untuk mencapai titik tersebut, kemampuan mendengar dan mengolah informasi saja tampaknya tidak cukup. Klarifikasi sesekali juga perlu diminta agar kesalahpahaman bisa terhindarkan. Untuk itu, teknologi VocalIQ diklaim bisa bertanya balik ke pengguna ketika instruksi yang diterima tidak begitu jelas.

Secara keseluruhan, kelebihan-kelebihan yang diusung VocalIQ ini bisa dipastikan akan berpengaruh besar pada perkembangan Siri nantinya. Siri sendiri sekarang sudah berubah menjadi lebih proaktif dan kontekstual, dan hal itu tentunya akan didongkrak lebih lagi berkat kehadiran VocalIQ.

Pada akhirnya, misi VocalIQ sendiri terdengar tidak kalah menarik. Mereka ingin agar asisten virtual bisa belajar bagaimana caranya berbicara dengan pengguna, bukan sebaliknya. Kalau Siri benar-benar bisa seperti ini ke depannya, mungkin saya bisa jadi ketergantungan padanya.

Sumber: Business Insider. Gambar header: YouTube - Apple.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter