Mengembangkan bisnis bisa dilakukan dengan menyusun beberapa strategi. Salah satu strateginya adalah memperkerjakan karyawan baru untuk menambah kekuatan tim dan membagi beban ke seluruh anggota tim. Sayangnya memperkerjakan karyawan baru bukan perkara mudah bagi bisnis yang baru berkembang, terlebih bagi yang sedang merintis. Masalah keuangan dan lain sebagainya acap kali sebagai penghambat. Belum lagi biasanya karyawan dengan kemampuan yang memadai enggan memilih perusahaan atau bisnis baru.

Berikut beberapa tips bagi bisnis rintisan untuk memberikan penawaran menarik bagi karyawan baru.

Menawarkan keuntungan lebih

Keuntungan yang dibahas dalam hal ini bukan hanya uang, tetapi juga kesempatan. Jika dana yang dimiliki terbatas tawarkan hal-hal lain yang bisa menguntungkan karyawan tetapi tidak terlalu membebani bisnis. Misalnya menawarkan fasilitas laptop kantor untuk bekerja, smartphone kantor untuk berkomunikasi, atau menawarkan kemungkinan kerja secara remote.

Karena dalam titik ini yang dibutuhkan oleh bisnis tidak hanya kehadiran karyawan tersebut tetapi juga sumbangsih kerja yang nyata. Pastikan penawaran-penawaran yang diberikan tidak membebani bisnis dari segi finansial atau lainnya.

Bebaskan mereka untuk melakukan yang terbaik

Salah satu yang bisa dieksplorasi untuk memikat karyawan baru bagi bisnis rintisan adalah kesempatan untuk berekspresi dan bereksplorasi. Alih-alih menyusun pekerjaan apa yang harus dilakukan oleh karyawan tersebut bisnis bisa memberikan mereka tujuan yang ingin mereka capai. Selepasnya, biarkan sang karyawan bereksplorasi dengan skill yang mereka miliki. Kebebasan ini biasanya yang diharapkan sebagian orang dalam bekerja. Bebas namun tetap memiliki tujuan.

Berikan work life balance yang lebih baik

Salah satu masalah yang dimiliki pekerja di era sekarang adalah work life balance. Mereka seolah tidak memiliki kehidupan lain di luar pekerjaan mereka. Hal ini bisa menjadi tawaran menarik. Berikan kesempatan mereka untuk mengambil libur atau mengatur jam kerja mereka sendiri. Fleksibilitas ini memberikan ruang lebih untuk mereka untuk menjaga ritme produktif mereka. Namun tetap, harus diikuti dengan kontrol dan pengawasan.

Perlihatkan ruang mereka untuk tumbuh

Hal yang satu ini sering menjadi senjata ampuh bagi bisnis tahap awal dalam merekrut karyawan. Berikan pemahaman bahwa dalam bekerja bersama mereka tidak hanya mengembangkan bisnis bersama-sama, tetapi juga mengembangkan kemampuan masing-masing individu di dalamnya. Perlihatkan bahwa bisnis tidak hanya memperhatikan kepentingan perusahaan tetapi juga karyawan. Berikan pemahaman bahwa ada ruang untuk tumbuh bagi mereka dalam tim. Ini merupakan penawaran paling menarik dan masuk akal untuk mendapatkan karyawan.