Tips Blokir Nomor di iPhone dan iPad

Tips Blokir Nomor di iPhone dan iPad

Bisa dilakukan dari aplikasi Settings atau langsung dari pesan yang diterima
Ilustrasi iPhone
Ilustrasi iPhone

Mendapatkan sms atau telepon terus-terusan dari seseorang yang tidak dikenal memang menyebalkan. Untungnya di iPhone, Anda bisa melakukan blokir terhadap nomor-nomor tersebut. Setelah diblokir, Anda tak akan lagi mendapatkan sms atau telepon dari nomor yang bersangkutan. Caranya pun mudah, mari langsung kita coba!

Memblokir nomor telepon dari kontak yang tersimpan

Anda bisa menambahkan nomor telepon yang sudah tersimpan di iPhone ke dalam daftar blokir, caranya:

  1. Buka Settings > Phone, tap pada pilihan Blocked
  2. Tekan tombol Add New untuk memunculkan daftar kontak yang tersimpan
  3. Pilih kontak dan selanjutnya kontak tersebut akan secara otomtatis ditambahkan ke dalam daftar blokir
Tips Blokir Nomor di iPhone dan iPad
Blokir nomor dari aplikasi Settings

Memblokir nomor telepon dari pesan yang diterima

Misal nomor yang ingin ditambahkan tidak tersimpan di kontak, Anda bisa langsung menambahkannya dari pesan yang diterima di aplikasi Messages, caranya:

  1. Buka pesan atau sms dari nomor yang akan diblokir, tekan tombol Details pada pojok kanan atas
  2. Selanjutnya tekan tombol bergambar (i) di sebelah kanan nama pengirim pesan
  3. Tekan pilihan Block this Caller untuk menambahkannya ke dalam daftar blokir. Tekan Block Contact untuk mengkonfirmasi penambahan kontak tersebut.
Tips Blokir Nomor di iPhone dan iPad
Blokir nomor dari sms yang diterima

Meski cara ini terlihat sederhana namun tak sedikit orang yang merasa kebingungan dan tidak tahu bagaimana caranya memblokir nomor yang kerap mengganggu. Ya, terkadang iOS memang suka ‘menyembunyikan’ fitur-fitur yang kurang populer, padahal mungkin fitur tersebut sangat dibutuhkan dan cukup mudah untuk digunakan.

Kini dengan penambahan kontak-kontak ke dalam daftar blokir, Anda tak perlu lagi merasa terganggu dengan layanan promo dari operator ataupun stalker yang terus-terusan mengirim pesan atau bahkan menelepon Anda.

Oh ya, daftar blokir nomor telepon di iPhone atau iPad hanya ada satu. Jadi Anda tak perlu menambahkannya dua kali baik dari Settings atau pesan yang diterima. Penambahan nomor dari pesan yang diterima bertujuan agar lebih cepat dan Anda tak perlu repot-repot menyimpannya terlebih dahulu ke dalam phone book iPhone atau iPad.

Bagaimana menurut Anda akan fitur blokir nomor di iPhone atau iPad ini? Sudah punya daftar siapa saja yang akan dimasukkan? Selamat mencoba!

Sumber gambar header: Pixabay

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…