Categories

Mobile

[Tips dan Trik] Inilah Cara Mencicipi Aplikasi News di iOS 9

Aditya Daniel - 24 September 2015

Pada iOS 9, Apple memperkenalkan dua aplikasi anyar untuk menggantikan Newsstand dan Passbook. Kedua aplikasi ini adalah News dan Wallet.

News adalah aplikasi kumpulan berita dimana Anda dapat mengetahui informasi terbaru dari pilihan topik yang Anda gemari. Sedangkan Wallet adalah aplikasi tempat menyimpan informasi credit card yang bisa Anda gunakan bersamaan dengan Apple Pay.

Aplikasi News yang digadang-gadang menjadi aplikasi pesaing bagi Flipboard sayangnya tak tersedia di semua negara secara langsung setelah iOS 9 diluncurkan. Saat ini, Apple News hanya tersedia eksklusif untuk US saja namun jika Anda ingin segera mencicipi aplikasi News untuk membaca berita maka trik berikut patut Anda coba.

Info Menarik:Facebook Signal Bantu Jurnalis Mencari Konten Berita di Facebook dan Instagram

Caranya cukup mudah, cukup ganti pengaturan wilayah perangkat Anda menjadi US untuk mendapatkan aplikasi News:

  1. Buka Settings > General > Language & Region
  2. Pada bagian Region Formats, ganti region menjadi United States dan tap Continue pada pop-up yang muncul.
  3. Perangkat akan mengatur pergantian pengaturan region yang telah Anda buat.

Apple_news

Apple_news2

Setelah selesai, silakan cek homescreen perangkat iOS Anda. Aplikasi News akan berada pada Homescreen dan bisa Anda gunakan untuk membaca berita serta informasi terkini.

apple_news3

Apple News tak hanya sekedar aplikasi penyaji berita layaknya Flipboard. Pasalnya Apple akan melakukan kurasi secara manual untuk menyuguhkan berita-berita pilihan kepada para pembacanya.

Meski dapat menggunakan algoritma komputer yang terlalu canggih namun tampaknya Apple lebih ingin ‘memanusiakan’ layanan yang dihadirkan. Kurasi manual yang dilakukan oleh Apple untuk menyajikan konten kepada para penggunanya bukan hal yang baru. Sebelumnya, layanan Apple Music juga menghadirkan kurasi manual untuk setiap playlist yang tersedia pada layanannya.

Info Menarik: Periscope Berikan “Rumah” di Web Bagi Para Broadcaster

Selain dikurasi secara manual, Apple News juga diharapkan memberikan pengalaman pengguna yang lebih menyenangkan. Apple menyediakan format khusus yang bisa digunakan penyedia konten/publisher untuk menampilkan berita dengan layout serta tipografi yang cantik. Tampilan ini bisa menghadirkan pengalaman membaca yang sama menyenangkannya di semua perangkat iOS yang memiliki aplikasi News.

Sudah coba trik di atas? Bagaimana pendapatmu tentang Apple News? Sampaikan di kolom komentar ya!

PS: Dengan mengubah regional ke US mungkin saja Anda tidak akan bisa menikmati beberapa fitur yang berhubungan dengan region. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter