Tips Fotografi dari Kelas Fotografi Xiaomi: Tidak Hanya Rule of Thirds Saja

Tips Fotografi dari Kelas Fotografi Xiaomi: Tidak Hanya Rule of Thirds Saja

Masih ada beberapa teknik untuk mempercantik gambar
MiA2 Lite
MiA2 Lite

Dengan munculnya berbagai smartphone dari Xiaomi yang memiliki kamera prima, tentu saja perangkat tersebut bisa jadi alat untuk mengambil gambar di segala kondisi. Hal tersebut juga berlaku dari perangkat Xiaomi yang baru saja diluncurkan, Mi A2 dan Mi A2 Lite. Oleh karena itu, Xiaomi mengundang para jurnalis untuk ikut dalam sesi kelas fotografi yang diadakan pada Onni Cafe di Tanjung Duren pada tanggal 31 November 2018.

MiA2 - Denny Tjan

Perasaan “sudah tahu” yang ada pada beberapa jurnalis pun terbukti pada sesi penjelasan yang dilakukan oleh fotografer bernama Denny Tjan dari Portrait Photography. Hal tersebut dikarenakan beberapa sesi yang diadakan sebelumnya selalu menitik beratkan pada Rule of Third. Akan tetapi, ternyata pemaparan Denny Tjan tidak terhenti sampai di situ saja.

Denny memperkenalkan kepada para media selain menggunakan grid 3×3, masih ada komposisi Golden Ratio dan Fibonacci. Golden Ratio juga membagi layar dengan tiga garis vertikal dan horisontal, namun lebih mengecil pada sisi tengahnya. Sehingga obyek yang diambil harus sejajar dengan garis yang ada.

MiA2 and Lite

Fibonacci memandu cara melihat seseorang dalam sebuah foto. Garis yang ada terbentuk seperti keong dengan pusat visal pada sisi lengkungan terkecil. Jika pas mengambil gambarnya, tentu saja foto yang ada menjadi lebih indah saat dilihat.

Teknik lain yang bisa diperhatikan adalah lighting. Teknik pencahayaan memang mampu membuat sebuah foto menjadi lebih apik. Oleh karena itu, permainan darimana datangnya cahaya juga dapat membuat foto terlihat lebih indah.

MiA2 Lite

Pencahayaan pun dapat menggunakan sebuah lampu meja yang disorot ke obyek yang akan difoto. Selain itu, gunakan saja filter monochrome agar bisa membuat cahaya berbanding bayangan terlihat lebih jelas.

Teknik pencahayaan sangat baik digunakan pada saat kondisi cahaya sedang rendah. Saat ada pada kondisi ini, dekatkanlah obyek dengan sumber cahaya, agar terlihat lebih baik. Teknik monochrome juga baik saat diaplikasikan saat kondisi cahaya sedang rendah, membuat noise menjadi lebih pudar.

Berikut ini adalah contoh pengambilan gambar dengan menggunakan Mi A2 Lite:

Beberapa teknik di atas bisa dicoba jika Anda memiliki smartphone dengan kamera yang baik. Selamat mencoba!

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…