MSME Tutorial

10 Tips Jualan Online Supaya Makin Laku

Ingin Toko Anda Laris Manis? Yuk baca tips jualan online untuk Pelaku UMKM disini!

Karena sekarang sebagian besar kehidupan masyarakat beralih ke dunia digital, banyak pelaku usaha yang beralih berjualan online dengan menggunakan berbagai platform digital seperti  e-commerce, media sosial, dan lainnya. Tapi Anda tidak bisa sembarangan ketika berjualan online, ada tips-tips yang harus anda perhatikan ketika berjualan online, ini dia tips jualan online untuk UMKM yang bisa Anda praktikkan.

Tips Jualan Online untuk UMKM

Anda pasti pernah merasa bingung bagaimana cara untuk jualan online yang baik dan benar, tapai sebelum anda mempraktekan jualan online ini, Anda haruslah memiliki strategi yang tepat untuk bersaing di dunia digital berikut ini tips-tips yang bisa langsung Anda terapkan ketika berjualan online yaitu:

  • Kenali Produk Anda

Sebelum Anda memasarkan produk di platform digital, sudah seharusnya Anda memahami apa keunikan dari produk Anda dan mengetahui apa perbedaan produk tersebut dibandingkan dengan yang ada di pasaran, usahakan hal tersebut jadikan modal sebagai bentuk arah pemasaran Anda, apabila dirasa produk Anda murah di kantong, jangan lupa untuk jadikan itu sebagai senjata ketika promosi.

  • Buatlah Strategi SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah sesuatu yang Anda juga setidaknya harus kenal sebagai pelaku UMKM. Anda juga dituntut tidak berhenti belajar karena sekarang teknologi semakin canggih dan Anda harus bisa memahami cara-cara singkat menguasai hal tersebut, seperti semisal Anda berjualan sabun mandi perempuan yang murah, Anda bisa mencari kata kunci yang tepat untuk digunakan dalam konten anda sehingga mudah dicari oleh calon pembeli.

  • Aktifkan Sosial Media Anda.

Pelaku UMKM juga diharapkan mengerti dan mengenal berbagai platform sosial media, tak perlu harus ahli dalam belajar sosial media, Anda hanya tinggal mempraktekan saja bagaimana cara memposting sesuatu, kemudian fitur apa yang marak digunakan, dan mengenai sosial media apa yang tepat bagi produk Anda.

Jangan lupa juga memikirkan strategi anda ketika melakukan pemasaran di Sosial Media, kenalilah target pasar dan ubahlah gaya sosial media agar mudah ditemukan oleh calon target pembeli.

  • Buatlah Banyak Konten

Berjualan online bukan hanya produk anda yang dikenal baik maupun berkualitas, Anda harus memahami strategi yang cerdas untuk menyelesaikan konten Anda yang menarik banyak pihak.

Jangan hanya berfokus pada pembuatan satu konten di satu platform saja, cobalah untuk membuat konten di berbagai platform seperti membuat artikel, membuat website bahkan juga Anda bisa mengkreasikan sebuah video dimana  ada penjelasan terkait produk apa yang Anda jual.

  • Treat Your Customer Nicely!

Saat Anda berjualan online, jangan pelit akan informasi terkait produk  Anda, berikanlah informasi yang jelas terhadap produk yang Anda miliki, mulai dari harga ataupun juga hasil testimoni yang bagus akan produk. Jangan pernah bersikap jutek maupun tidak memberikan informasi yang terbaik kepada pelanggan Anda, karena dengan informasi yang jelas, pelanggan tentu saja akan terbantu sekali ketika membeli produk tersebut. 

  • Pilihlah E-Commerce yang Tepat!

Apabila Anda ingin membuat penjualan menjadi lebih cepat dan mudah, mulailah untuk berpikir menggunakan E-commerceyang memudahkan transaksi, karena dengan penggunaan E-Commerce, proses jualan anda bisa langsung dilakukan tanpa menunggu respon anda membalas pesan.

Kebanyakan para pelanggan juga lebih menyukai transaksi dengan menggunakan E-commerce karena merasa lebih banyak alternatif pembayaran dan mudahnya proses pengiriman barang karena terdeteksi, jadi tunggu apalagi? Segera daftarkan toko Anda ke E-commerce!

  • Promo itu Wajib!

Sebagai masyarakat Indonesia, promo pastinya salah satu hal yang ditunggu-tunggu. Apabila ingin toko Anda ramai, usahakan jangan pelit promo, berikan promo di hari-hari tertentu seperti promo pada hari perayaan kemerdekaan dan sebagainya yang membuat toko Anda selain dirasa menjadi lebih murah dibanding toko lain, Anda juga tak akan ketinggalan ide konten karena kode promo ini bisa dijadikan salah satu konten di sosial media anda. 

  • Lakukanlah Evaluasi

Evaluasi haruslah Anda lakukan sebagai pelaku usaha UMKM, dengan melakukan evaluasi Anda juga bisa menilai mana sosial media yang cocok untuk produk Anda dan mana yang tidak, kemudian dari situlah Anda bisa belajar mana sosial media yang harus digiatkan kembali proses penciptaan kontennya, mana yang tidak tetapi hanya dijalankan sesekali saja.

Dengan evaluasi juga Anda bisa menambah strategi dan melihat apa yang harus diperbaiki dari seluruh sosial media yang dipakai oleh Toko Anda.

  • Beriklanlah di Sosial Media

Anda tak perlu ragu ketika ingin menggunakan iklan langsung di sosial media yang Anda pilih, dengan menggunakan iklan langsung, Anda bisa mendapatkan attention  untuk produk yang dijual, karena sekali lagi tujuan dari mengiklankan produk haruslah untuk meningkatkan perhatian terhadap produk dan pembeli haruslah setidaknya mengetahui terlebih dahulu produk Anda, mengenali terlebih dahulu produk yang dijual sehingga ketika ada produk yang serupa, produk Anda-lah yang akan dipilih karena pelanggan sudah mengenal produk Anda.

  • Perbarui Stok Produk secara Berkala!

Apabila Anda tidak cepat, kadang calon pembeli akan mencari penjual lain yang memiliki stok yang tersedia, maka dari itu Anda sebagai seorang penjual haruslah memikirkan kembali produk yang Anda jual, usahakan stok barang Anda cukup untuk dijual dalam beberapa hari karena dengan stabilitas adanya barang yang anda jual akan membuat pelanggan tidak merasa ingin berpindah toko karena barang yang Anda jual selalu tersedia dan tidak takut kehabisan.

Demikianlah cara berjualan online untuk pelaku UMKM, diharapkan dengan cara-cara diatas dapat membantu Anda untuk meningkatkan pembelian maupun membuat konten di marketplace yang menarik banyak pihak. Cara-cara ini tentu saja bisa langsung diterapkan hari ini juga dan Anda tidak perlu bingung kembali ketika ingin berjualan online! Selamat Berjualan!

Berikut ini Video Tips Jualan Online untuk UMKM!

https://www.youtube.com/watch?v=qth4_pCdz2M

Gambar Header Pixabay

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter