Dalam perjalanan merintis startup akan ada banyak tantangan yang harus dihadapi. Mulai dari tahapan validasi ide, testing, pemasaran dan lain sebagainya. Seolah timeline pekerjaan yang harus dikerjakan benar-benar padat. Di sinilah pentingnya membagi beban kerja untuk tim, dan yang paling utama, manajemen waktu. Mungkin ini terlihat sepele namun sangat penting bagi startup untuk bisa mengoptimalkan waktu yang ada. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan waktu kerja.

Tulis semua yang dikerjakan

Mungkin ini menjadi tips yang umum, namun meski demikian ini sangat penting. Menulis apa yang akan dikerjakan ini akan membantu kita untuk mengorganisasi pekerjaan apa yang harus dilakukan. Menghindari risiko lewat dari deadline. Dengan catatan-catatan ini pula kita bisa melihat seberapa besar dan banyak hal yang harus kita lalukan. Dengan demikian kita bisa terpacu untuk menyelesaikannya satu per satu.

Mengorganisasi catatan berdasarkan waktu dan target

Selain menulis apa yang akan dikerjakan mengelompokkannya menjadi hal selanjutnya yang bisa dicoba. Kelompokkan catatan tersebut berdasarkan waktu dan objektif apa yang harus dicapai. Kemudian tentukan target waktu dan tindakan apa saja yang harus dilakukan untuk mencapainya. Hal umum yang dilakukan untuk mengingat tujuan dan memotivasi diri sendiri mengenai hal yang ingin dicapai.

Urutkan dan kerjakan berdasarkan prioritas

Untuk pengerjaannya sendiri untuk bisa lebih menghemat waktu dan mencapai tujuan yang ingin dicapai selalu upayakan lakukan secara berurutan. Entah itu dari kebutuhan waktu yang maksimum atau tujuan yang paling mendesak. Mengurutkan hal-hal tersebut berdasarkan skala prioritas bisa membantu untuk menghindarkan dari hal-hal yang mampu mengalihkan perhatian kepada hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan tujuan utama.

Masalah waktu juga penting, jangan lupa untuk selalu melakukan perhitungan waktu dan usahakan mengerjakan sesuatu tepat waktu. Sempatkan untuk sesekali menengok dan mengevaluasi mengenai apa yang telah dilakukan. Siapa tahu ada hal-hal kecil dan remeh yang mengalihkan perhatian kita dari tujuan dan akhirnya membuat waktu sia-sia.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.