14 June 2018

by Bambang Winarso

Tips Memaksimalkan Smartphone untuk Perjalanan Mudik atau Liburan

Menempuh perjalanan jauh tidak hanya butuh kondisi fisik yang prima, tapi juga dukungan perangkat yang ada

Mudik adalah tradisi yang dilakukan di musim liburan misalnya di libur lebaran yang sebentar lagi tiba. Tahun ini libur lebaran terasa istimewa karena jatah liburnya lebih lama ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Sehingga ini adalah momen yang tepat untuk bersilaturahim di kampung halaman lebih lama dari biasanya.

Tetapi menempuh perjalanan yang jauh menggunakan mobil atau motor butuh banyak hal untuk dipersiapkan. Selain medan yang menuntut kondisi fisik yang selalu prima, padatnya lalu lintas juga menuntut kewaspadaan yang lebih dari biasanya. Jika Anda membawa smartphone selama perjalanan, mengapa tidak memanfaatkan smartphone untuk membantu Anda selama mudik? Misalnya melakukan hal-hal berikut ini.

Memantau Kepadatan Lalu Lintas

Anda mungkin hafal betul dengan arah dan kondisi secara umum, karena sering pulang kampung. Tapi, di momen libur lebaran seperti ini, lalu lintas lebih padat dari biasanya. Nah, Anda bisa memasang aplikasi peta misalnya Google Maps atau Waze untuk memantau kepadatan lalu lintas yang akan Anda hadapi di depan. Google Maps dan Waze memberikan indikator berupa warna merah sebagai pertanda bahwa jalan yang akan Anda lalui dalam kondisi macet parah.

Indikator kepadatan lalu lintas di Google Maps

Indikator kepadatan lalu lintas di Waze

 

Kemudian dengan informasi tersebut, Anda bisa mencari jalan alternatif juga menggunakan aplikasi yang sama.

 

Mencari SPBU, Restoran dan ATM

Google Maps dan Waze juga bisa menjadi alat bantu di kondisi darurat, misalnya menemukan SPBU, restoran, apotek, rumah sakit atau ATM. Anda bisa mengetikkan nama rumah sakit di kota yang Anda singgahi atau membuka menu Explore kemudian pilih fasilitas umum yang hendak dituju, misalnya restoran, café, SPBU, ATM, Apotek dan toko.

Pencarian fasilitas umum di Google Maps

Pencarian Fasilitas Umum di Waze

 

Anda juga bisa membaca tutorial Waze yang lebih lengkap di artikel ini.

Menemukan Lokasi Teman

Google Maps mempunyai fitur keren yang disebut dengan location sharing, di mana fitur ini memungkinkan Anda atau teman berbagi lokasi secara real-time sehingga Anda atau teman dapat saling menemukan.

 

Caranya tap tombol menu di sebelah kiri Google Maps, kemudian tap Location sharing dan tentukan berapa lama Anda akan membagikan lokasi kemudian pilih kontak teman Anda dari daftar kontak, Hangouts, WhatsApp dan aplikasi pesan instan lainnya.

 

Memantau Prakiraan Cuaca

Fitur ini terbilang jarang digunakan di hari-hari biasa. Saya sendiri memilih untuk menon-aktifkan fitur ini karena hampir tak pernah dipakai. Tapi, di saat mudik aplikasi cuaca sangat membantu Anda memantau prakiraan cuaca terutama apabila Anda mengendarai kendaraan roda dua.

Hampir semua smartphone Android sudah dibekali aplikasi cuaca, tetapi jika Anda memilih untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga, tak jadi soal.

Itu dia empat tips mengoptimalkan smartphone saat mudik atau perjalanan lainnya. Semoga bermanfaat, tetap konsentrasi dan semoga selamat sampai tujuan. Selamat berlibur!

Sumber gambar header Pixabay.