Tips Memanfaatkan Facebook Graph Search Untuk Menjangkau Target Pasar Spesifik

Tips Memanfaatkan Facebook Graph Search untuk Menjangkau Target Pasar Spesifik

Facebook Graph Search
Facebook Graph Search

Selain tempat untuk berinteraksi sosial antar sesama teman dan kerabat, Facebook  juga merupakan tempatnya para pemasar atau pemilik brand untuk menjangkau konsumen.

Salah satu fitur yang dapat dimanfaatkan oleh penjual adalah Facebook Page dan juga Facebook Graph Search. Dan tahukah Anda bahwa keduanya dapat dikolaborasikan untuk menjangkau target pasar atau konsumen yang lebih spesifik?

Dengan memanfaatkan kecerdasan Facebook Graph Search Anda dapat menyaring jutaan pengguna Facebook berdasarkan apa yang mereka sukai untuk kemudian menjadi target Likes Facebook fan page. Dengan cara ini kampanye marketing Anda akan jauh lebih efektif dan tepat sasaran.

Sederhananya begini, menyarankan fan page komunitas pencinta klub Real Madrid akan lebih mudah mendapatkan respon apabila dikirimkan ke pengguna yang memang menyukai klub tersebut. Coba Anda bayangkan apa tanggapan pengguna yang mengidolakan Barcelona saat mendapatkan saran fan page yang berhubungan dengan Real Madrid yang notabene adalah musuh bebuyutan tim idolanya.

 

Info Menarik: [Panduan Pemula] Cara Membuat Fan Page Facebook

 

Sebelum kita masuk ke langkah penggunaan Facebook Graph Search ada baiknya kita ulas sedikit apa itu Graph Search. Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada bulan Januari 2013 dan rilis final Maret 2013. Graph Search merupakan fitur pencarian yang dirancang untuk mengenali kata kunci yang lebih alami dan hasil pencarian yang lebih relevan.

Oke, sekarang kita coba praktekkan trik yang saya maksudkan.

  • Masuk ke dalam akun Facebook Anda seperti biasa. Kemudian di di kolom pencarian ketikkan, people who likes real madrid. Ini hanya sebagai contoh kasus, dengan asumsi Anda mempunyai fan page yang memberikan informasi seputar klub Real Madrid. Anda dapat mengganti dengan keyword lain sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya Anda memiliki kafe dengan menu utama kopi. Maka Anda dapat menggunakan pencarian people who likes coffee.
  • Perhatikan auto result yang muncul, kemudian pilih yang sekiranya mewakili fan page resmi klub karena di luar sana ada banyak fan page menggunakan nama klub yang sama. Perhatikan juga jumlah likes yang didapat, biasanya yang paling banyak diletakkan di urutan pertama.

facebook graph_1

  • Setelah Anda pilih maka Anda akan dihantarkan ke halaman yang memuat daftar pengguna yang menyukai Real Madrid. Tetapi pengguna yang ditampilkan merupakan hasil pencarian secara umum, Anda dapat melakukan penyaringan berdasarkan jenis kelamin, status hubungan, pekerjaan, kota, hubungan pertemanan, sekolah dan lain-lain. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan dan target konsumen yang Anda inginkan.

 

Info Menarik: Samsung Galaxy Tab S Berlayar AMOLED Dijadwalkan Muncul Juni Mendatang?

 

facebook graph_2

  • Setelah opsi penyaringan Anda sesuaikan, Facebook Graph Search akan menampilkan daftar teman yang sesuai dengan kriteria terpilih. Selanjutnya silahkan tambahkan pengguna-pengguna tersebut menjadi teman namun tetap ikuti aturan-aturan yang berlaku kalau tidak mau dapat kartu merah dari Facebook.

facebook graph_3

  • Setelah mendapatkan persetujuan pertemanan, sekarang silahkan buka fan page Anda dan kirimkan undangan nge-likes ke pengguna-pengguna yang sudah Anda targetkan. Meski tidak ada jaminan, namun rasio respon positif yang Anda dapat akan lebih baik ketimbang mengirim undangan ke pengguna yang tak paham sepakbola atau yang lebih buruk mengidolakan klub lain.

 

Info Menarik: LinkedIn Hadirkan Fitur Baru untuk Bantu Relevansi Konten Perusahaan di Tingkat Lokal

 

facebook graph_4

Trik ini membutuhkan proses dan juga kesabaran, tetapi jika dilakukan dengan konsisten maka Anda akan mendapatkan hasil yang berbeda ketimbang menggunakan metode acak. Di dunia marketing, konsumen tertarget adalah ladang yang harus dipilih sesuai dengan brand yang ditawarkan. Semoga bermanfaat dan selamat jualan!

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…