16 January 2013

by wiku

Tips Membeli Barang Online

Pertumbuhan sarana jual beli yang dilakukan secara online kini semakin bertumbuh. Toko online pun bermacam-macam jenisnya, ada yang dikelola secara pribadi atau ada pula yang dikelola oleh pihak ketiga atau pihak penyedia layanan.
Bentuk yang dikelola pihak ketiga juga bermacam-macam, ada yang berbentuk clasified ads, ada yang berbentuk marketplace, ada yang bentuknya forum, ada pula yang bentuknya daily deals. Penjual perorangan juga bermacam-macam, ada yang ikut di marketpalce, ada yang berjualan dengan media sosial, dll.
Sampai saat ini, salah satu hal yang paling menjadi fokus utama alasan mengapa konsumen tidak membeli barang secara online, selain preferensi adalah keamanan.
Nah, bagaimana caranya agar tetap aman berbelanja online? Berikut beberapa tips yang disarikan dari berbagai sumber.
1.Kenali situs dan tata cara pembelian.Sebelum melakukan pembelian ada baiknya jangan terpukau oleh barang yang dijual terlebih dahulu. Sama seperti membeli offline, konsumen sebaiknya teliti atas barang yang dijual ataupun dari situs yang menyediakan barang dagangan tersebut.
 2. Cek rating serta kualitas penjual. 
Kalau ada membali di forum, misalnya Kaskus, ada yang namanya cendol, testimoni dan beberapa fitur lain yang bisa digunakan untuk melihat seperti apa rating serta kualitas penjual di situs jualan tersebut. Jika situs jualan yang ada memberikan kolom komentar, cek juga komentar yang ada. Anda juga bisa meng-Googling dengan kata kunci tertentu jika masih belum yakin dengan toko online tersebut.
3. Jangan tergiur harga murah. 
Ada kalanya penipuan di toko online bermula dari ketertarikan konsumen atas harga murah yang ditawarkan, namun sebaiknya Anda jangan cepat tergiur dengan selisih harga pasaran dengan harga yang dijual. Cek lebih teliti, siapa tahu barang yang dijual bukan asli atau penjual tersebut memang berniat kurang baik. 4. Gunakan fasilitas pembayaran resmi.
Baik di forum atau situs khusus jual beli online kini sudah cukup populer sarana pembayaran, baik yang semi resmi atau yang resmi. Di Kaskus lebih dikenal dengan RekBer atau rekening bersama dan di layanan lain dikenal dengan nama escrow. Intinya sama, menjadi perantara agar resiko penipuan atas pembayaran dan penerimaan barang dapat dikurangi. Dengan menggunakan sarana pembayaran ini penjual akan mendapatkan uang setelah barang terkirim dan diterima, pembeli sendiri terhindar dari resiko ditipu karena barang tidak kunjung datang padahal pembayaran telah dilakukan.
Selain itu ada toko online yang menggunakan pembayaran menggunakan kartu kredit atau transfer bank. Pastikan Anda mengerti dengan jelas prosesnya, karena meski jarang, ada kalanya cara pembayaran anatara satu toko dengan yang lain berbeda.
 5. Cash in Delivery atau Cash and Carry
Proses ini memang menbuat belanja online tidak lagi otomatis, dan membuatuhkan proses online. Namun ditengah pertumbuhan industri ecommerce kita yang masih bertumbuh, metode ini masih bisa menjadi pilihan, terutama jika membeli barang di penjual pribadi atau forum serta marketplace yang tidak menyediakan layanan terintegrasi dari pembayaran sampai pengiriman. Ada barang - ada uang. Anda bisa teliti barang sebelum membeli. Biasanya ini juga berlaku untuk barang bekas atau second.
 6. Cek fasilitas toko
Layaknya penjualan barang di offline, layanan CS atau customer service sudah selayaknya dimilik oleh para penjual. Cek dulu toko online yang bersangkutan apakah memiliki sarana ini, baik lewat YM, Twitter atau layanan chat lain, termasuk nomor kontak telepon dan email.
7. Gunakan jasa kirim paket yang terpercaya. 
Proses pengiriman juga sangat penting. Gunakan jasa kirim yang telah terpercaya dan menyediakan jasa tracking pengiriman. Jadi Anda bisa melakukan cek apakah barang sudah dikirim atau belum oleh penjual.
8. Pastikan koneksi internet Anda stabil.
Belanja online tentu menggunakan internet sebagai sarana untuk terkoneksi. Pastikan pulsa/paket Anda berjalan lancar, sehingga ketika proses melihat-lihat barang, proses pemesanan atau ketika menghubungi layanan konsumen dari toko tertentu tidak terputus ditengah jalan. Apalagi jika Anda melakukan pembelian melalui perangkat bergerak, pastikan pulsa Anda mencukupi. Jika perlu, gunakan aplikasi pengingat pulsa seperti BimaTri yang memudahkan anda dalam menjelajah internet.
9. Cek produk dengan seksama. 
Anda bisa juga melakukan pencarian atas produk yang akan Anda beli untuk memastikan barang tersebut sesuai dengan yang Anda harapkan. Ini bisa jadi berlaku untuk toko online yang baru Anda kunjungi atau penjual baru yang bukan langganan Anda. Pastikan harga yang dijual juga sesuai dengan harga pasaran, detail produk dan keterangan produk asli.
10. Simpan bukti pembayaran. 
Sebaiknya catat semua proses pembelian dan pembayaran secara baik. Anda bisa menyimpannya di ponsel atau file komputer Anda. Sampai produk diterima tentunya bukti ini sering kali masih diperlukan. Bahkan terkadang sampai barang tersebut Anda coba. Jadi simpan dengan baik, siapa tahu nanti diperlukan.
 *) Artikel ini diolah dari berbagai sumber. Tips kali ini disponsori oleh Tri. Untuk berinternet dengan lebih produktif dan efisien, gunakan BimaTri, aplikasi pengingat isi ulang kuota. Tersedia untuk iOS, Android, BlackBerry dan desktop (Windows atau Mac).