Categories

Tips & Trik

[Panduan Pemula] Tips Membeli Perangkat iOS Second

Aditya Daniel - 18 May 2015

Pesona perangkat iOS memang tak bisa dipungkiri menarik banyak peminat. Di berbagai forum jual beli online banyak sekali dijumpai penjual yang menawarkan berbagai macam perangkat iOS baik baru ataupun bekas (second).

iPhone, iPad atau iPod Touch second bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin memiliki perangkat iOS dengan budget terbatas. Nah, bagi Anda yang ingin membeli perangkat iOS second tak ada salahnya membaca dulu beberapa tips membeli smartphone iOS second berikut.

Pastikan Kelengkapan Perangkat

Salah satu hal utama yang diperhatikan adalah pastikan kelengkapan dari perangkat iOS bekas yang akan dibeli. Earpod, charger beserta kabel USBnya adalah 3 hal umum yang wajib. Jangan lupa cek juga apakah ketiganya masih berfungsi dengan baik.

Cek Perangkat iOS

Speaker, tombol volume, tombol home button, tombol mute wajib Anda cek untuk memastikan perangkat masih berfungsi. Jika membeli sebuah iPhone bekas, Anda bisa mencoba melakukan panggilan ke nomor tertentu.

Selalu bawa sim card yang sesuai dengan perangkat yang akan dibeli untuk mencobanya. Selain itu, cek fisik apakah sesuai dengan deskripsi yang ditawarkan sebelumnya.

Activation Lock

Memulai debutnya bersamaan dengan iOS 7, Activation Lock adalah sebuah fitur keamanaan yang dibenamkan Apple pada perangkat iOS dengan menggunakan akun Apple ID sang pengguna yang juga terintegrasi dengan iCloud.

Activation Lock aktif secara bersamaan ketika pengguna mengaktifkan fitur Find My iPhone atau iPad pada panel iCloud di aplikasi Settings perangkat iOS. Artinya setiap pengguna yang ingin menonaktifkan Find My iPhone/iPad, menghapus data perangkat, atau mengaktifkan kembali sebuah perangkat iOS setelah melakukan proses restore, pengguna akan diminta memasukkan alamat email akun iCloud beserta password-nya.

Info Menarik: Kelola Akun Gmail dan iCloud Dengan Mudah Menggunakan Mailbox

Sebagai pembeli, langkah yang perlu dilakukan adalah memastikan sang penjual sudah melakukan sign out akun iCloud yang dimilikinya dari perangkat yang akan dijual. Untuk melakukan hal ini, langkah-langkahnya adalah:

  1. Masuk Settings > iCloud, scroll ke bawah dan pilih tombol "Sign Out"
  2. Pilih "Sign Out" dan tap "Delete From My iPhone" dan masukkan password yang diminta.

Setelah sign out, langkah selanjutnya adalah menghapus data yang ada dalam perangkat iOS tersebut, caranya dengan masuk ke Settings > General > Reset lalu pilih Erase All Contents and Settings.

Jika fitur Find My iPhone aktif pada perangkat tersebut, sang penjual akan diminta password dari akun iCloud yang terdapat dalam perangkat yang dijualnya.

Sebagai penjual yang baik, maka hal tersebut tak akan menjadi masalah. Namun, jika sang penjual menolak untuk memasukkan password dan menonaktifkan Find My iPhone, maka sebaiknya Anda berhati-hati karena bisa jadi perangkat iOS tersebut didapatkan secara illegal.

Proses menghapus data dari sebuah perangkat iOS bisa berjalan dalam beberapa menit. Setelah perangkat hidup, akan ada proses set-up mulai dari bahasa, negara hingga pengaturan jaringan Wi-Fi.

Info Menarik: 5 Aplikasi iOS Dengan Harga di Bawah $5 Yang Wajib Anda Miliki

Sebelum masuk ke home screen Anda akan diminta untuk memasukkan Apple ID dan password yang Anda miliki. Setelah mengaktifkan perangkat iOS dengan Apple ID Anda maka perangkat iOS tersebut aman untuk dimiliki.

Namun jika perangkat meminta Apple ID dan password dari pengguna sebelumnya sebaiknya Anda mengurungkan niat untuk membeli perangkat tersebut.

Apple sebenarnya sudah mengeluarkan sebuah halaman situs yang bisa digunakan untuk mengecek status Activation Lock dari sebuah perangkat. Anda bisa menuju ke laman Activation Lock dan memasukkan IMEI atau serial number dari perangkat yang akan dibeli. Informasi IMEI dapat dilihat di bagian belakang setiap perangkat iOS.

Jika setelah dicek dan Activation Lock dalam perangkat tersebut aktif akan muncul pesan "the current user's Apple ID and password will be required before anyone else can activate and use this device". Kembali lagi jika sang penjual berniat baik maka melakukan sign out dan menghapus data dalam perangkat tersebut bukan masalah.

Jika Activation Lock sudah dinonaktifkan maka perangkat tersebut aman untuk dibeli.

Harga yang murah memang menjadi daya tarik tersendiri ketika berburu smartphone atau tablet iOS second. Namun jangan sampai karena harga yang murah lalu menyesal karena perangkat iOS yang beli tak bisa digunakan karena terkena Activation Lock. Activation Lock sendiri jawaban Apple atas maraknya pencurian perangkat iOS.

Tak ada salahnya bertransaksi lebih lama dan memastikan semuanya berfungsi dengan baik agar tak menyesal di kemudian hari.

Sumber: Apple | iDownloadblog. Gambar header: 360b/Shutterstock.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter