Categories

Tips & Trik

7 Tips Mempercepat Loading Blog

Kecepatan blog mempunyai peranan penting untuk mendorong peringkat blog di mata mesin pencari

Bambang Winarso - 20 November 2014

Mempercepat loading halaman blog termasuk dalam daftar faktor-faktor optimasi search engine optimization (SE). Google sendiri selaku sasaran semua teknik optimasi merekomendasikan agar kecepatan blog diperhatikan oleh para webmaster.

Kecepatan loading halaman blog selain mempengaruhi kualitas SEO juga mempengaruhi keputusan pengunjung. Menurut studi yang dilakukan oleh Akamai, bahwa 47% orang mengharapkan web atau blog untuk terbuka sepenuhnya kurang dari dua detik.

40% pengunjung meninggalkan web jika loading lebih dari tiga detik, sementara 52% pembeli online mengatakan loading halaman penting bagi loyalitas mereka ke sebuah situs. Dari data ini kita bisa nilai bahwa kecepatan loading halaman blog memegang peranan penting dalam keberhasilan apapun jenis konten dan produk yang ditawarkan.

 

Info Menarik: HP Envy x2 Hadir Sebagai Pesaing Microsoft Surface Pro 3

 

Beberapa tips mempercepat loading blog berikut ini bisa menjadi solusi tepat bagi blog Anda.

Pilih Hosting yang Berkualitas

Tips mempercepat loading blog yang pertama ini jangan dianggap remeh. Hosting yang berkualitas akan memberikan keuntungan karena Anda hanya perlu melakukan sedikit perlakuan untuk mendapatkan kecepatan yang pas. Sementara jika hosting-nya saja sudah bermasalah, maka pekerjaan Anda akan jauh lebih rumit.

Optimasi Ukuran Gambar

Penting sekali untuk mengunggah gambar dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Jadi, potong atau sesuaikan ukurakn gambar dengan yang dibutuhkan oleh artikel tertentu. Selain itu, kurangi ukuran file gambar, untuk yang satu ini bisa dengan bantuan plugin atau software, yang paling mudah menggunakan Microsoft Office Picture Manager sebelum diunggah ke blog.

Copot dan Hapus Plugin yang Tidak Perlu

Apabila Anda menggunakan platform WordPress, hapus plugin yang tidak terpakai atau bila perlu copot plugin yang prioritasnya tidak terlalu tinggi kemudian hapus dari blog.

Hapus CSS, Javascript dan kode HTML yang Tidak Penting

Tambahan javascript, CSS dan kode HTML dapat mengakibatkan beban ekstra ke server, coba identifikasi dan temukan kode-kode ganda di blog Anda. Jika ada, hapus segera. Jika Anda memasang banner menggunakan javascript, pastikan jumlahnya tidak berlebihan.

 

Info Menarik: Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Terkena Brick

 

Gunakan Tema yang Responsive

Pemilihan tema yang tepat paling menentukan seberapa cepat loading blog Anda. Di luar sana ada banyak penjual tema, tapi pastikan tema tersebut dibangun dengan konsep responsive sehingga mempunyai adaptasi yang baik terhadap ukuran perangkat yang digunakan pengunjung.

Gunakan Plugin Cache

Menggunakan plugin cache sangat direkomendasikan untuk mempercepat loading blog. Beberapa plugin yang bisa Anda gunakan antara lain W3 Total Cache, WP Super Cache, Quick Cache dan Hyper Cache.

Gunakan Layanan CDN

CDN atau Content Delivery Network bukan hal yang asing lagi bagi blogger, layanan ini bekerja dengan cara mengambil alih halaman statis blog Anda (CSS, Javascript, gambar, dan lain-lain) dan memungkinkan pengguna mengakses semua data dengan lebih cepat.

Ada beberapa layanan CDN yang bisa Anda pergunakan, antara lain: CloudFlare, Incapsula, Photon, CoralCDN, SwarmCDN, jsDelivr, Google App Engine, CDN.net, TinyCDN dan lain sebagainya, masih banyak sebenarnya.

Selesai, sekarang tinggal take action! semoga 7 tips mempercepat loading blog ini bisa membantu Anda.

Gambar header: Blog via Pixabay.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id