26 September 2016

by Aditya Daniel

Tips Menampilkan Lirik di Aplikasi Music iOS 10

Semakin mudah menghafal lagu favorit meski nampaknya belum semua lagu memiliki tambahan lirik

Sudah instal iOS 10? Kalau sudah pasti Anda akan menemukan beberapa tampilan aplikasi yang cukup berbeda. Music, dan News adalah dua aplikasi yang mendapat pembaruan tampilan. Tombol-tombol didesain dengan ukuran lebih besar, begitu pula dengan teks yang terdapat di dalamnya.

Namun bukan masalah tampilan yang ingin saya bahas kali ini. Melainkan fitur baru yang dimiliki oleh Music pada iOS 10. Apple menambahkan integrasi tampilan lirik untuk musik yang sedang diputar. Dengan fitur ini, Anda tak perlu lagi memanfaatkan layanan penyedia lirik seperti MusiXMatch.

Untuk menampilkan lirik lagu yang sedang dimainkan pada aplikasi Music iOS 10, caranya cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:

Tips menampilkan lirik di aplikasi Music iOS 10

Tips Menampilkan Lirik di Aplikasi Music iOS 10

  1. Buka aplikasi Music
  2. Pilih lagu yang ingin dimainkan.
  3. Tap pada playback bar yang ada di bawah untuk membuka tampilan Now Playing
  4. Scroll ke atas hingga muncul bagian Lyrics
  5. Untuk menyembunyikan lirik, tap pada tombol Hide pada bagian sebelah kanan

Dengan integrasi lirik ke dalam Apple Music, Anda bisa dengan mudah menyanyikan lirik lagu favorit. Tak hanya itu, Anda pun tak perlu repot-repot menginstal aplikasi lain hanya untuk sekedar mengetahui lirik dari lagu yang terputar. Hemat kuota, hemat storage di iPhone dan iPad.

Meski sudah tersedia untuk digunakan tanpa pengaturan apapun, nampaknya belum semua lagu mendapatkan lirik di aplikasi Music iOS 10. Misalnya, beberapa lagu John Mayer yang saya putar tak muncul liriknya. Entah memang tidak ada dalam database atau belum ditambahkan oleh Apple.

Tak hanya tambahan lirik saja, Apple Music juga sekarang memiliki beberapa fitur baru yang membantu Anda menemukan lagu sesuai selera. Music akan memberikan sebuah playlist, 'My Favorite Mix', yang bisa Anda akses pada tab 'For You'. Playlist ini dipersonalisasi dengan teknologi machine learning berdasarkan playlist serta daftar lagu yang tersimpan dalam Music Library Anda.

Apple Music sendiri kini sudah memiliki 17 juta pengguna yang berlangganan. Meski demikian, angka tersebut masih jauh dengan jumlah pengguna berbayar Spotify yang mencapai 40 juta pengguna berbayar. Tambahan fitur lirik serta tersedianya rekomendasi playlist yang dipersonalisasi mungkin merupakan langkah Apple untuk menarik pengguna baru.