Categories

Tips & Trik

Tips Mencegah Mata Lelah Saat Menggunakan Smartphone

Mata Lelah hanya satu dari sekian dampak buruk blue light yang dipancarkan layar smartphone

Bambang Winarso - 8 August 2016

Menggunakan smartphone adalah aktivitas yang tak bisa lepas dari keseharian. Sebagian pengguna gadget bahkan mengawali hari dengan membuka smartphone untuk sekadar membaca lini masa media sosial atau update berita. Beberapa lainnya dengan alasan pekerjaan, dan membalas pesan.

Meski memberi banyak manfaat, smartphone punya sisi buruk yang tak banyak disadari. Yang paling berbahaya dan naifnya ia juga yang paling sering kita gunakan, yakni layar smartphone yang memancarkan sinar biru atau blue light.

Blue light menurut penelitian yang dilakukan oleh American Macular Degeneration Foundation menyebabkan beberapa masalah, beberapa di antaranya adalah kerusakan retina, mata lelah, terganggunya pola tidur dan depresi.

Untuk itulah pengguna smartphone secara berlebihan perlu dipikirkan kembali. Atau jika memang tak bisa dihindari, saya punya solusi yang paling mudah kendati tak 100% menghalau seluruh ancaman resikonya. Yaitu dengan menggunakan aplikasi blue light filter.

Aplikasi blue light filter yang menurut saya cukup lengkap dirancang oleh Siso Mobile, Blue Light Screen Filter. Kelengkapannya meliputi pilihan warna penyaring, intensitas warna, jadwal, dukungan widget dan hebatnya tanpa iklan.

  • Unduh dan install dahulu aplikasinya dari Play Store.

Aplikasi ini tersedia gratis di Google Play Store

  • Setelah itu langsung jalankan aplikasi. Berikutnya, posisikan Brightness ke ON dan silahkan sesuaikan opacity dan screen dimmer sesuai kebutuhan Anda. Begitu juga dengan pilihan warna. Untuk pengaturan lain, saya biarkan default apa adanya.

Ada banyak panel yang bisa diset sesuai selera, mulai dari warna, opacity, screen dimmer, widget dan penjadwalan

  • Anda juga dapat mengaktifkan widget dan efek di menu tab kedua, atau menjalankan jadwal filter ke jam tertentu saja di menu tab ketiga. Gambar ini bisa menjadi gambaran seperti apa panel pengaturannya.

Aplikasi juga diperkaya fitur home widget sehingga Anda dengan mudah dapat mematikan atau menghidupkan filter

Silahkan dicoba-coba dulu, dan sesuaikan sendiri mau seperti apa pengaturannya.

Application Information Will Show Up Here

 

Sumber gambar header Pixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter