Categories

Tips & Trik

Tips Menghemat Baterai Smartphone

Irma Suryani - 7 November 2014

Perangkat pintar bisa dibilang menjadi benda yang penting saat ini. Kemampuan smartphone dan juga tablet kini bukan hanya telepon ataupun SMS-an, tapi bisa whatsapp-an, checkemail, main Candy Crush, update status ke tempat yang dikunjungi sampai mempermudah pekerjaan sebagai ibu rumah tangga.

Tapi terkadang, handphone bisa juga membuat kita sedikit pusing karena daya baterainya yang tidak tahan lama, terlebih ketika sedang janjian dengan orang lain dan butuh menelepon atau sedang menulis email dan tinggal kirim ternyata handphone-nya mati karena daya baterai yang sudah habis.

Bagaimana caranya agar baterai handphone tidak boros? Yuk coba tips berikut ini.

  1. Pengaturan Layar Handphone

Salah satu penyedot daya baterai terbesar adalah layar handphone Anda. Kurangi tingkat kecerahan pada layar handphone Anda jika berada di dalam ruangan yang gelap. Dan sesuaikan kecerahan jika memang berada di dalam luar ruangan ataupun outdoor. Setting sampai berada di angka 60% kecerahan, jangan sampai 100%.

  1. Matikan WIFI dan Bluetooth

Matikan sementara aplikasi WIFI dan Bluetooth jika Anda sedang menggunakan mobile data untuk akses internet. Karena jika WIFI tidak dimatikan dan Anda sedang berada di luar ataupun tidak ada akses WIFI, signal akan terus mencari di mana keberadaan WIFI terdekat, tentu hal ini akan membuat daya baterai Anda boros. Hal yang sama juga harus diterapkan pada perangkat Bluetooth, jika sedang tidak terkoneksi dengan siapapun, lebih baik Bluetooth dimatikan.

  1. Matikan GPS

Gunakan aplikasi GPS seperlunya, matikan semua aplikasi yang bisa menyambungkan pada fitur lokasi GPS seperti Facebook, Twitter ataupun Path. Pastikan Anda telah log out dengan sempurna bukan masih dalam proses. Hal ini dapat menghemat daya baterai smartphone Anda.

 

Info menarik: Video Promosi Line Tampilkan Lanjutan Film Ada Apa Dengan Cinta

 

  1. Matikan Notifikasi

Anda seorang yang aktif di social media? Tentu eksis menjadi nomer satu. Namun, hal ini akan membuat baterai Anda akan cepat habis, bayangkan dalam satu smartphone digunakan beragam media sosial dan semuanya dalam keadaan online. Ketika baterai Anda melemah. matikan notifikasi pada sosial media Anda, sehingga tidak akan ada pemberitahuan tentang message yang masuk, ataupun mention dan lain-lain. Anda bisa kembali menyalakan notifikasi setelah baterai handphone sudah dalam posisi sedang terisi.

  1. Non-aktifkan Video AutoPlay

Social media seperti Facebook saat ini menggunakan aplikasi autoplay. Setiap kita sedang berhenti pada salah satu konten berita yang ada di tampilan home FB, jika ada video di dalam konten tersebut maka video tersebut akan diputar secara otomatis. Begitupun dengan Instagram, ketika sedang scroll tab handphone, video pasti terputar sendiri. Autoplay ini tentunya membutuhkan dukungan baterai yang lumayan besar. Langkah untuk menonaktifkan ada di pengaturan masing-masing sosial media tersebut.

 

Itu tadi beberapa tips sederhana untuk menghemat penggunaan beterai perangkat smartphone atau tablet Anda. Semoga tips ini bisa membuat saat genting kehabisan baterai di perangkat Anda teratasi, terutama saat benar dibutuhkan.

Gambar header: Battery via Shutterstock. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id