Tipz

Tips Menghindari Fomo Saham, Bikin Investasi Buntung

Beli saham dengan jumlah besar karena ikut-ikutan atau karena takut harga saham naik? Hati-hati kamu mengalami FOMO saham yang bisa merugikan investasi.

Populernya investasi saham saat ini membuat banyak orang berlomba-lomba untuk melakukan investasi saham atau trading saham tanpa memahami konsepnya secara benar. Alhasil hanya ikut-ikutan atau FOMOsaham yang akhirnya bukannya untung malah buntung.

Nah, siapa, sih yang mau buntung dalam investasi apalagi jika melakukan investasi dengan modal besar, kamu perlu hati-hati!

Tapi, sebenarnya FOMOsaham itu apa, sih? Dan kenapa bisa membuat investasi kita anjlok?

Apa itu fomo saham?

FOMOsebenarnya singkatan dari fear of missing out yaitu takut ketinggian. Dalam dunia investasi  FOMOini sering diartikan dengan trader atau investor yang takut ketinggalan harga saham yang terus naik. 

Fenomena  FOMOsaham ini membuat trader secara implisit membeli saham dengan harga tinggi, hal ini dilakukan karena takut harga saham akan terus naik.

Para investor yang terkena  FOMOsaham ini akan secara gegabah membeli tanpa analisis panjang. Untuk itu kamu perlu tahu cara menghindari FOMO saham, terutama bagi investor dan trader pemula.

Tips Menghindari FOMO Saham

1. Membuat Rencana Investasi

Tips menghindari FOMO saham yang pertama adalah kamu harus tahu rencana investasi apa yang akan kamu ambil. Sehingga, dengan adanya rencana investasi, kamu bisa membuat rencana keuangan juga. 

Membuat rencana investasi ini akan membuat kamu lebih fokus dengan investasi yang kamu jalani. Sehingga, tidak akan merasa tertinggal.

2. Pelajari Investasi dengan Benar

Beberapa orang yang mengalami FOMO saham biasanya pengetahuan tentang investasinya belum cukup memadai. Sehingga, untuk menghindari FOMO saham kamu harus paham dengan istilah atau kondisi investasi agar lebih mudah untuk mengambil keputusan.

3. Tidak Gegabah

Jangan pernah mengambil keputusan tanpa landasan pemikiran yang jelas dan terburu-buru atau gegabah karena kamu biasanya kamu akan menyesali hasil keputusan tersebut, apalagi dalam masalah investasi yang melibatkan uang.

4. Rehat dari Media Sosial

FOMO saham biasanya akan terjadi saat kita terlalu sering mengakses media sosial, hal ini akan membuat kamu menjadi panik dengan info investasi atau info saham yang di media sosial. Sehingga, lebih baik kamu melakukan rehat media sosial selama beberapa pekan.

5. Lihat Keuangan Terlebih Dahulu

Investasi atau trader saham wajib dilakukan menggunakan uang dingin atau uang yang tidak akan dipakai untuk keperluan sehari-hari. Jangan sampai karena takut harga saham naik terus membuat kamu gelap mata dna menggunakan dana sehari-sehari sebagai investasi.

6. Ingat  Harga Saham akan Naik Turun

Salah satu peraturan tidak tertulis dalam investasi saham adalah, harga saham selalu naik dan turun. Hal ini juga sebenarnya sulit diprediksi. Sehingga, hal yang kamu harus lakukan adalah untuk tidak melakukan secara terburu-buru.

7. Lakukan Analisa Secara Tepat

Tips menghindari FOMO saham adalah kamu harus bisa melakukan analisa harga saham yang tepat untuk mendapatkan harga beli saham yang cukup menguntungkan. Perlu diingat harga saham yang rendah juga tetap bisa menguntungkan, loh!

8. Lihat Perkembangan Perusahaan

Tips menghindari FOMO saham yang terakhir adalah kamu harus melihat perkembangan perusahaan dari saham yang akan kamu beli. Jadi, kamu bisa mengetahui apakah melakukan investasi saham di perusahaan tersebut aman dan ini juga berpengaruh bagi kamu yang ingin melakukan investasi jangka panjang.

Tips menghindari FOMO saham ini harus kamu perhatikan dan diterapkan secara serius, karena FOMO saham ini bisa membuat investasi menjadi buntung karena kehabisan uang akibat membeli saham secara konsumtif sampai dengan hutang yang bertambah.

***

Ikuti kuis dan challenge #NgabubureaDS di Instagram @dailysocial.id selama bulan Ramadan, yang akan bagi-bagi hadiah setiap minggunya berupa takjil, hampers hingga langganan konten premium DailySocial.id secara GRATIS. Simak info selengkapnya di sini dan pantau kuis mingguan kami di sini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter