Tips Ngobrol di Google Allo dengan Aman Tanpa Was-Was

Tips Ngobrol di Google Allo dengan Aman Tanpa Was-Was

Tips ini untuk mengantisipasi isu keamanan di Google Allo
Tips Ngobrol di Google Allo dengan Aman Tanpa Was-Was
Tips Ngobrol di Google Allo dengan Aman Tanpa Was-Was

Tak lama setelah diluncurkan, Google Allo mendapat sorotan karena disebutkan tidak menerapkan prosedur keamanan standar enkripsi end-to-end secara default. Satu-satunya cara untuk mengobrol dengan aman adalah dengan menggunakan fitur incognito yang sayangnya tak begitu familiar bagi pengguna awam.

Jika Anda merasa was-was dengan isu keamanan seperti yang diutarakan oleh Snowden, tak perlu mencopot Google Allo dari perangkat Anda, terlebih jika Anda memilih aplikasi ini untuk percakapan dengan rekan. Kami punya beberapa tips aman yang bisa jadi payung perlindungan.

Aktifkan Fitur Incognito Saat Ingin Ngobrol

Tak ada cara terbaik untuk melindungi diri selain menggunakan mode incognito. Cara menggunakannya, jalankan Google Allo seperti biasa kemudian tap tombol chat dan pilih Star incognito chat.

cara mengaktifkan mode incognito di Google Allo
cara mengaktifkan mode incognito di Google Allo
  • Selanjutnya, aplikasi akan meminta Anda memilih salah satu kontak yang hendak diajak chat. Setelah itu, barulah Anda dapat mengobrol dengan aman dan terlindungi secara optimal.
incognito_222
Jendela chat mode incognito di Google Allo

 

Atur Waktu Kadaluarsa Pesan Lebih Cepat

Selain enkripsi, mode incognito juga menyediakan fitur menghapus pesan otomatis yang tenggat kadaluarsanya dapat diatur sesuka pengguna. Caranya, ketika jendela chat sudah terbuka, tap ikon jam di kanan atas.

incognito_222
Mode incognito punya fitur kadaluarsa untuk menghapus pesan secara otomatis
  • Kemudian ubah waktunya menjadi 1 jam atau 1 menit, lebih cepat lebih baik. Dengan begitu, pesan akan terhapus lebih cepat.
Waktu kadaluarsa pesan dapat diatur sesuai keinginan
Waktu kadaluarsa pesan dapat diatur sesuai keinginan

Block Pengguna yang Tak Diinginkan

Ada banyak cara yang bisa ditempuh oleh peretas untuk melancarkan serangan. Salah satunya bisa saja dengan mengirimkan pesan spam secara acak dan berkala. Atau anggap saja Anda tidak menyukai pesan berantai dari nomor tertentu. Di Google Allo, Anda bisa menolak pesan-pesan seperti itu dengan cara memblokir nomor kontak bersangkutan.

  • Dari panel terdepan, tap di salah satu pesan dan tahan hingga beberapa detik sampai muncul popup seperti ini. Kemudian tap opsi Block.
block_user
Cara memblokir kontak di Google Allo untuk mencegah pesan spam

Periksa Kembali Izin Aplikasi

  • Jika karena alasan tertentu Anda masih merasa ragu, tak ada salahnya memeriksa kembali izin akses yang dipegang oleh Google Allo. Caranya, buka menu Setting – App atau App Manager dan tap Allo.
  • Kemudian scroll ke bawah untuk menemukan informasi Permissions. Jika menurut Anda ada izin akses yang tidak seharusnya diberikan, Anda boleh membuat keputusan atas keinginan Anda sendiri.
allo_permission
Informasi izin akses aplikasi Google Allo

Periksa Kebijakan Privasi Google

  • Untuk memastikan kembali aturan soal kebijakan privasi yang diterapkan oleh Google, Anda bisa memperoleh informasinya dari Google Allo. Tap tombol setting di sebelah kiri atas, kemudian tap Help & Feedback.
Menu setting untuk membuka panel bantuan dan umpan balik di Google Allo
Menu setting untuk membuka panel bantuan dan umpan balik di Google Allo
  • Di bagian kanan atas, tap tiga tombol menu untuk menampilkan opsi dropdown lanjutan. Dari sana, tap opsi Privasi Policyatau Term of Service.
Panel kebijakan pengguna dan juga privasi
Panel kebijakan pengguna dan juga privasi
  • Nah, di panel inilah Anda dapat membaca secara lengkap aturan, kebijakan privasi dan term of use seluruh layanan Google, termasuk aplikasi Allo.
Halaman TOS dan kebijakan privasi layanan Google
Halaman TOS dan kebijakan privasi layanan Google

Berdasarkan informasi tersebut, saya pribadi berpendapat tak mengapa bila Google mengambil informasi dari pengguna selama informasi tersebut dapat dipertanggung jawabkan Meski demikian tentunya tiap pengguna punya preferensi masing-masing atas privasi dalam penggunaan aplikasi.

Menyoal fitur enkripsi yang tidak berjalan secara default di Allo, menurut Google dikutip dari KompasTekno, dikarenakan Google Assistant membutuhkan akses seluas mungkin untuk dapat bekerja secara optimal, seperti menjalankan aplikasi, melacak lokasi, menjalankan kamera, dan lain-lain.

Baru saja mengenal Google Allo? Anda bica membaca apa itu Allo di artikel ini, kemudian mempelajari seluk beluknya di artikel ini dan ini.

Sumber gambar header Google.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…