Tips Mengorganisir Catatan Ke Dalam Folder Pada Notes di iOS

Bisa tambahkan hashtags untuk mempermudah pencarian catatan.

iOS 9 menambahkan beberapa fitur pada aplikasi pembuat catatan Notes dengan kemampuan formatting dan tools untuk corat-coret atau menggambar.

Selain itu, Notes App juga mengganti teknologi sinkronisasinya dari IMAP ke iCloud yang lebih cepat. Berkat hal ini Apple menuai banyak pujian dan menarik orang untuk mulai menggunakan Notes. Bahkan jika Anda sudah meng-update OS X ke El Capitan 10.11.4, Anda bisa langsung meng-import notes dari Evernote ke Notes.

Nah, jika sekarang Anda mulai menggunakan Notes, saya akan memberikan sedikit tips mengorganisir catatan yang Anda miliki.

Meski telah mendapat sejumlah perbaikan, namun aplikasi Notes masih belum memiliki fitur untuk mengorganisir catatan seperti kemudahan penambahan tag seperti yang dimiliki oleh Simplenote. Untuk mengkategorikan catatan, Anda bisa mengorganisirnya ke dalam folder. Caranya sebagai berikut:

Mengorganisir catatan di Notes App ke dalam folder

  1. Buka aplikasi Notes dan pilih daftar catatan yang Anda simpan
  2. Selanjutnya tapEdit pada bagian atas sebelah kanan dari daftar catatan dan pilih catatan yang ingin Anda pindah ke dalam sebuah folder
  3. Tap Move To... pada bagian bawah dan tapNew Folder untuk membuat sebuah folder
  4. Beri nama folder dan tapSave
  5. Kini catatan Anda sudah berpindah ke folder tersebut

Tips menggunakan aplikasi Notes di iOS

Tips menggunakan aplikasi Notes di iOS

Tips menggunakan aplikasi Notes di iOS

Tips menggunakan aplikasi Notes di iOS

Berbicara mengenai tags, ada sedikit tips tambahan mengenai mengorganisir catatan di aplikasi Notes. Anda bisa menambahkan hashtags di bagian akhir catatan untuk memudahkan pencarian.

Misalnya pada sebuah catatan yang berisi tips dan trik iOS, Anda bisa menambahkan #tipsiOS pada bagian bawah catatan. Nah, jika Anda memperlukan catatan tersebut, cukup ketikkan #tipsiOS pada searchbar dan catatan yang terdapat tags tersebut akan keluar pada daftar pencarian.

Meski penambahan tags pada catatan belum semudah Simplenote namun setidaknya Anda bisa mencari catatan dengan cepat menggunakan cara ini.

Sekian tips mengorganisir catatan ke dalam folder pada aplikasi Notes. Jangan lewatkan juga tips dan trik mengoptimalkan aplikasi Notes di iOS dan OS X serta tips menggambar dan membuat checklist di aplikasi Notes.

Masih banyak tips terkait perangkat iOS yang akan saya bagikan, jadi selalu baca DailySocial ya untuk update berita serta tips dan trik terbaru.


Bagi pembaca DS.id yang sedang mencari perangkat iPhone 6s atau 6s Plus, Anda bisa mendapatkannya lewat tautan ini untuk iPhone 6s dan tautan ini untuk iPhone 6s Plus.