Categories

Tips & Trik

Tips Menikmati File Audio Lossless di iPhone dan iPad Menggunakan Vox

Cukup masukkan file lossless ke aplikasi Vox melalui iTunes

Aditya Daniel - 11 July 2016

File audio berformat lossless mungkin merupakan idaman para penikmat musik sejati. Kualitas suara yang lebih baik dibandingkan dengan format MP3 atau AAC adalah salah satu kelebihan file lossless. Meski demikian dari sisi penyimpanan, file lossless akan memakan tempat lebih banyak ketimbang MP3 atau AAC.

Hal ini karena file MP3 atau AAC dikompres sedemikian rupa sehingga berukuran jauh lebih kecil dengan konsekuensi hilangnya beberapa frekuensi low-end dan high-end.

Tapi jika Anda ingin menikmati file audio lossless di iPhone atau iPad, ada beberapa cara yang bisa Anda coba.

Setidaknya ada dua format lossless file yang umum, ALAC (Apple Lossless Audio Codec) dan FLAC (Free Lossless Audio Codec). Jika Anda ingin memaikannya langsung dari aplikasi Music di iPhone atau iPad, tentu file ALAC yang berekstensi .m4a yang harus Anda siapkan. Tinggal masukkan ke iTunes dan sync dengan iPhone atau iPad.

Sedangkan jika file yang Anda miliki berformat FLAC yang berekstensi .wav, Anda bisa menggunakan aplikasi Vox yang tersedia di App Store.

Tips Menikmati File Lossless di iPhone dan iPad Menggunakan Vox

Untuk memasukkan file lossless ke Vox caranya sebagai berikut:

  1. Sambungkan iPhone atau iPad yang sudah terinstal Vox ke PC atau Mac yang memiliki iTunes.
  2. Dari iTunes, buka iPhone atau iPad yang disambungkan, pilih Apps lalu pilih Vox dari daftar
  3. Pada kolom Documents di sebelah kanan, klik Add
  4. Pilih file lossless yang ingin ditambahkan, lalu klik Add
  5. Tunggu beberapa saat sampai iTunes selesai mentransfer file ke iPhone

Buka aplikasi iTunes, dari perangkat yang tersambung pilih Apps > Vox lalu Add untuk menambahkan loseless file

Pilih file loseless yang akan ditambahkan ke aplikasi Vox

 

Silakan tunggu sampai proses transfer selesai

Tampilan aplikasi Vox dengan file lossless yang sudah ditransfer

 

Tentunya jika Anda ingin mendengarkan musik lossless, Anda harus sedikit berkompromi dengan banyaknya ruang penyimpannya yang dihabiskan. Ukuran satu file lossless setidaknya bisa digunakan untuk menyimpan hingga 7 atau 8 file MP3.

Vox memang bukan satu-satunya aplikasi yang dapat digunakan untuk mendengarkan file lossless. Anda bisa menggunakan aplikasi lain yang sudah mendukung format FLAC di App Store seperti FLAC Player+, TuneShell atau bahkan VLC.

Saya sendiri memilih menggunakan Vox karena tampilannya yang cantik serta dilengkapi dengan fitur untuk mendengarkan lagu melalui Soundcloud atau YouTube. Vox juga memiliki fitur equalizer untuk lebih lagi memanjakan telinga Anda.

Aplikasi Vox bisa diunduh di App Store.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter